Langkah Anies Usai Wisma Atlet Jadi Tempat Isolasi Pasien Corona

Oleh: Riyan Setiawan - 19 Maret 2020
Anies Baswedan akan berkoordinasi dengan Kemenkes perihal wisma atlet Kemayoran yang akan dimanfaatkan sebagai tempat isolasi pasien positif COVID-19.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) perihal wisma atlet Kemayoran yang akan dimanfaatkan sebagai tempat isolasi pasien positif pandemi Corona atau COVID-19.

"Tentu kami akan koordinasi terus dengan Kemenkes [tangani pasien positif COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran]," kata dia di Gedung Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Kabinet Kerja Jokowi-JK itu mengatakan saat ini Pemprov DKI masih mengikuti perkembangan tersebut.

"Kami ikuti saja perkembangan," ucap Anies.

Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya menyatakan pemerintah sudah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) soal aset negara berupa wisma atlet yang akan dimanfaatkan sebagai tempat isolasi pasien positif COVID-19.

“Yang penting mereka harus mengisolasi diri supaya tidak menularkan kepada pihak lain,” kata Sri Mulyani dalam siaran live di akun Youtube Kemenkeu RI, Rabu (18/3/2020).

Sri Mulyani mengatakan penggunaan aset ini ditujukan lantaran wisma atlet belum banyak dimanfaatkan. Menurut dia, ada peningkatan kebutuhan fasilitas kesehatan untuk menampung pasien Corona.

Alhasil setelah dipertimbangkan wisma atlet didapati paling siap, kata Sri Mulyani. Ia mencontohkan sudah tersedia listrik, air, dan fasilitas lainnya.

“Sudah ada di sana. Jadi sekarang kami sudah meminta BNPB bagaimana mereka menyiapkan menjadi tempat isolasi,” ucap Sri Mulyani.



Baca juga artikel terkait WABAH VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Abdul Aziz
DarkLight