Landasan Mengelupas, Penerbangan di Adisutjipto Sempat Terganggu

Oleh: Antara - 29 November 2019
Ada enam penerbangan di Bandara Adisutjipto yang terganggu dan harus divert atau mengalami pengalihan pendaratan ke bandara lain yang bukan tujuan.
tirto.id - PenOperasional Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta sempat terganggu pada Jumat pagi (29/11/2019) akibat perbaikan terhadap landasan yang mengelupas sejak pukul 07.00 WIB.

"Jadi kami baru malam pertama melaksanakan overlay (perawatan). Nah, tadi pagi ada pengelupasan (landasan) sehingga langsung kami closed karena harus kami perbaiki," kata General Manager PT Angkasa Pura 1 Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama, seperti dilansir dari Antara.

Akibat perbaikan itu, ada enam penerbangan yang terganggu dan harus divert atau mengalami pengalihan pendaratan ke bandara lain yang bukan tujuan.

"Yang terdampak memang ada ya sekitar enam pesawat kalau tidak salah, enam pesawat yang divert ke Surabaya dua, ke Solo empat," kata Pandu.
,
Menurut dia, saat ini perbaikan landasan yang terkelupas telah selesai. Namun, aspal landasan yang diperbaiki membutuhkan waktu pendinginan sehingga penerbangan baru dibuka kembali pada pukul 09.30 WIB.

"Aspal kan butuh pendinginan. Dari tadi jam 7 sudah closed. Jam 9.30 WIB rencananya kami buka lagi," kata dia.

Akibat perbaikan landasan di Bandara Adisutjipto, melalui cuitan di akun twitternya, Jumat pagi, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD juga mengaku mengalami penundaan penerbangan dari Yogyakarta. Akibatnya, agenda kuliah umumnya di Universitas Trisakti Jakarta terganggu.




Baca juga artikel terkait BANDARA ADISUTJIPTO atau tulisan menarik lainnya Antara
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Antara
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti
DarkLight