Lagu Jepang BTS 'Stay Gold' Jadi Nomor 1 iTunes di 82 Negara

Oleh: Nuraini Ika - 20 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Lagu BTS dalam Bahasa Jepang berjudul "Stay Gold" berhasil merajai tangga musik iTunes di 82 negara termasuk Amerika Serikat dan Brasil.
tirto.id - Grup K-pop BTS merilis lagu dalam Bahasa Jepang berjudul "Stay Gold" pada 19 Juni 2020 pukul 16.00 WIB. Baru saja dirilis, lagu tersebut langsung berhasil merajai tangga musik iTunes di 82 negara termasuk Amerika Serikat dan Brasil.

Dilansir Newsen, pada Sabtu, (20/6/2020) pukul 09.00 KST atau pukul 11.00 WIB, lagu "Stay Gold" juga berhasil duduk di tangga nomor 1 iTunes untuk negara Prancis, India, dan Jepang.

Prestasi ini memecahkan rekor lagu Jepang BTS sebelumnya berjudul "Lights" yang berhasil memuncaki tangga iTunes di 43 negara selepas dirilis pertama kali pada 3 Juli 2019.

Tak selang lama setelah dirilis, lagu "Stay Gold" juga berhasil masuk dalam tangga musik real-time Korea Selatan dan menjadi lagu Jepang pertama BTS yang berhasil masuk tangga musik real-time Korsel.

"Stay Gold" merupakan salah satu track dalam album bahasa Jepang terbaru BTS, Map of the Soul: The Journey yang akan dirilis pada 15 Juli 2020 mendatang.

Lagu “Stay Gold” sendiri telah terpilih menjadi lagu tema untuk drama Jepang berjudul Spiral Labyrinth-DNA Science Investigation.

"Lagu itu ceria dengan lirik yang ekspresif yang siapa saja dapat terhubung. Lagu ini sangat cocok dengan atmosfer dan cerita Spiral Labyrinth," tutur bintang drama tersebut, Tanaka Kei sebagaimana dikutip Soompi.


Drama The Spiral Labyrinth-DNA Science Investigation awalnya akan ditayangkan pada bulan April, tetapi pemutaran perdana ditunda tanpa batas waktu tertentu karena pandemi COVID-19.

Selain “Stay Gold”, dalam album Jepang Map of the Soul: The Journey mendatang, BTS juga akan menyuguhkan lagu baru berjudul “Your Eyes Tell”.

Album Jepang BTS, Map of the Soul: The Journey secara keseluruhan akan memiliki 13 tracks termasuk sejumlah lagu-lagu BTS sebelumnya yang akan dirilis kembali dalam versi bahasa Jepang, seperti “Boy with Luv," "Make It Right," "Dionysus," "Idol," "Airplane Pt. 2," "Fake Love," "Black Swan" dan "ON".

Sebelumnya, BTS tercatat menjadi artis asing kedua yang memuncaki penjualan album Oricon setelah Michael Jackson. Pada Jumat (19/6/2020), chart musik Jepang, Oricon mengumumkan BTS telah menduduki peringkat teratas penjualan album untuk paruh pertama tahun 2020.

Menurut Oricon, album BTS, Map of the Soul: 7 yang dirilis pada 21 Februari 2020 lalu berhasil nangkring di posisi nomor 1 di chart album Oricon untuk paruh pertama tahun ini setelah menjual 429.000 kopi di Jepang.

Pencapaian ini mengantarkan BTS menjadi artis asing pertama yang berhasil duduk di tangga nomor 1 paruh pertama Oricon setelah 36 tahun. Artis asing terakhir yang mencapai prestasi itu adalah Michael Jackson, yang menduduki puncak tangga album pada tahun 1984 dengan hit ikoniknya "Thriller".


Baca juga artikel terkait BTS atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight