La Liga Spanyol 2020 Bakal Lanjut, Barcelona Jalani Tes COVID-19

Oleh: Beni Jo - 6 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Barcelona akan melakoni tes COVID-19 sebelum kembali latihan jelang lanjutnya La Liga Spanyol 2019/2020.
tirto.id - Kompetisi Liga Spanyol 2019/2020 siap dilanjutkan setelah pihak La Liga mempersilahkan klub-klub untuk kembali menggelar latihan pekan ini. Pemuncak klasemen, Barcelona, pun bakal menjalani tes pemeriksaan untuk para pemainnya pada Rabu (6/5/2020) waktu setempat.

"Klub-klub La Liga akan kembali latihan pada pekan ini setelah adanya persetujuan dari Kementerian Kesehatan Spanyol terkait sesi latihan untuk olahraga," tulis pernyataan La Liga, dilansir laman resmi, Senin (4/5/2020).

Meskipun demikian, pihak operator liga sepak bola di Spanyol tersebut tetap memastikan bahwa protokol kesehatan harus dilakukan.

Klub-klub pada dua kompetisi yang kembali digelar ini, yakni La Liga Spanyol (level teratas) dan Segunda División (level kedua/di bawah La Liga), pun diwajibkan mengadakan tes medis terhadap para pemainnya.

Setelah itu, penggawa klub tersebut juga harus menyelesaikan tahapan latihan secara individu sebelum akhirnya seluruh skuat yang dimiliki bisa bergabung ke dalam tim inti.

Presiden La Liga, Javier Tebas menyatakan kembalinya sepak bola ini bisa menjadi pertanda bahwa masyarakat akan kembali menjalani kehidupan normal.

Pihaknya pun memastikan, kesehatan menjadi masalah terpenting dengan tetap menggunakan protokol yang komprehensif demi menjaga semua pihak yang terlibat dalam proses kembalinya La Liga. Bulan Juni mendatang menjadi target baginya untuk kembali memutar kompetisi.

"Kondisi seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi kami berharap dapat kembali bermain lagi pada bulan Juni dan bisa menyelesaikan kompetisi musim 2019/2020," tutur Tebas.


Barcelona Siap Tes COVID-19

Menyikapi rencana La Liga yang akan kembali menggelar kompetisi Liga Spanyol 2019/2020 pada bulan depan, Barcelona akhirnya mengambil inisiatif dengan menggeber latihan pada pekan ini.

Sesuai dengan anjuran operator liga, Blaugrana juga akan mengadakan tes COVID-19 bagi para penggawanya pada Rabu (6/5) waktu setempat. Berikutnya, anak asuh pelatih Quique Setién ini baru akan menjalani latihan secara individu pada beberapa hari mendatang.

"Tim skuat utama akan kembali ke Ciutat Esportiva (fasilitas latihan klub) pada Rabu untuk menjalani tes medis sebelum memulai latihan secara individu dalam beberapa hari ke depan," bunyi pernyataan resmi Barca, dikutip situs web klub, Selasa (5/5).

Tim asal Catalunya ini menjadi pemuncak klasemen sementara Liga Spanyol 2019/2020 sebelum ditunda dengan koleksi 58 poin. Mereka hanya unggul dua angka atas Real Madrid selaku runner-up yang mengumpulkan 56 poin.

Kompetisi La Liga sendiri baru menyelenggarakan 27 jornada (pekan) dengan terakhir kali menyelenggarakan pertandingan pada Senin (9/3) silam.

Baca juga artikel terkait LA LIGA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight