Menuju konten utama

L'Oreal Tampilkan Model Berjilbab di Iklan Perawatan Rambut

Iklan ini diharapkan dapat memperbaiki salah kaprah tentang hubungan perempuan muslim dengan rambut mereka.

Amena Khan. instagram/@amenaofficial.

tirto.id - L'Oréal Paris Elvive telah menorehkan sejarah dengan menampilkan model berjilbab Amea Khan dalam iklan perawatan rambut untuk pertama kalinya.

Dikutip The Independent, Jumat (19/01/2018), Amea Khan, satu di antara model yang ditampilkan dalam video casting. Blogger kecantikan dari Inggris yang memakai jilbab itu menandai sejarah kampanye L'Oréal.

Tidak hanya sebagai seorang blogger, Amena Khan juga berstatus sebagai ibu, model, Youtuber, dan satu di antara pendiri Ardere Cosmetics. Semua status itu membuat Khan sebagai perwakilan wanita Muslim dalam industri kecantikan.

"Berapa banyak merek yang melakukan hal seperti ini? Tidak banyak, " kata Khan dalam sebuah wawancara dengan Vogue.

"Mereka benar-benar menempatkan seorang perempuan dengan kerudung - yang rambutnya tidak bisa kau lihat - dalam iklan rambut. Karena apa yang benar-benar mereka hargai dalam kampanye ini adalah suara yang kita miliki," lanjut Khan.

Dalam iklan yang fotonya diambil oleh fotografer Rankin, Khan mengenakan kerudung merah muda dan warna senada di bibirnya.

Lewat iklan ini, sang influencer juga berharap dapat memperbaiki salah kaprah tentang hubungan perempuan muslim dengan rambut mereka.

"Kau bertanya-tanya - mengapa ada anggapan perempuan yang menutupi rambut mereka pasti tidak merawat rambutnya? Rambut adalah bagian besar dari perawatan diri," tambahnya.

"Bagi saya, rambut saya merupakan perpanjangan dari feminitas saya. Saya suka menata rambut, saya suka merawatnya dengan produk-produk, dan saya suka bila rambut saya harum. Itu adalah ekspresi mengenai siapa saya."

Iklan ini merupakan langkah besar setelah model Halima Aden menjadi perempuan berkerudung pertama yang tampil di sampul Vogue.

"L'Oréal Paris Inggris bangga dan senang meluncurkan kampanye unik dan mendobrak untuk pasar perawatan rambut, sebuah kategori yang dulu dianggap sebagai iklan kecantikan klise," kata Adrien Koskas, general manager L'Oréal Paris UK, dalam sebuah pernyataan.

"Kami ingin membuat kampanye yang terhubung benar dengan konsumen kami melalui perwakilan yang memancarkan ketulusan, emosi dan kepribadian," katanya.

Tak hanya Khan, L'Oréal juga bekerja sama dengan kalangan duta besar Inggris dan mereka yang berpengaruh untuk menampilkan beragam orang, pria dan wanita, termasuk model Neelam Gill, Dougie Pointer dari McFly, dan blogger Megan Ellaby.

Baca juga artikel terkait IKLAN atau tulisan lainnya dari Yantina Debora

tirto.id - Gaya hidup
Reporter: Yantina Debora
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora