Kylie Jenner Pecahkan Rekor Zuckerberg Sebagai Miliarder Termuda

Penulis: Anggit Setiani Dayana, tirto.id - 6 Mar 2019 11:07 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Di usianya yang baru menginjak 21 tahun, Kylie Jenner sudah menjadi miliarder. Ia pun dinobatkan sebagai miliarder termuda di dunia .
tirto.id - Kylie Jenner menjadi miliarder di usianya yang ke-21. Kylie memecahkan rekor Mark Zuckerberg, yang menjadi miliarder di usia 23, seperti dilansir majalah bisnis Forbes.

Kekayaan Kylie berasal dari penjualan produk kecantikan, Kylie Lipkit yang dijual secara online dan di promosikan oleh dirinya sendiri.

Nama Kylie Jenner di media sosial sangat popular dengan 175 juta lebih pengikut di media sosial Instagram, Snapchat, Twitter, dan Facebook.


Pada 2015, ia merilis lini bisnis Kylie Cosmetics yang menjual produk andalan lipkit (seperangkat lipstick dengan berbagai warna) dengan inisial namanya, Kylie Lipkit. Ia menjual produk tersebut secara online, dan memromosikan produk tersebut melalui media sosialnya.

Setiap meluncurkan produk terbaru, Kylie akan me-review produk tersebut. Lipstick Kylie laku keras. Pada pertengahan November 2018, tiga tahun setelah produknya resmi rilis, ia menandatangani kontrak dengan retailer kosmetik Ulta yang memiliki lebih dari 1.000 toko di 50 negara.

Dalam waktu 6 minggu, penjualan Kylie Cosmetics di retailer Ulta mencapai 54,5 juta dolar AS. Bekerja sama dengan Ulta membuat penjualan produknya naik 9 persen dengan penghasilan mencapai 360 juta dolar AS. Dengan pertumbuhan penjualan seperti itu, Forbes memperkirakan perusahaan Kylie Cosmetics milik Jenner tersebut setara dengan 900 juta dolar AS.

“Aku tidak mengharapkan apa-apa,” kata Jenner dikutip Forbes. “Aku tidak sedang memetakan masa depan. Tapi, hal ini sepertinya baik. Seperti dorongan dari belakang,”

Kerjasama dengan Ulta memberikan keuntungan bagi konsumen yang tidak pernah membeli produk secara online. Pengalaman nyata yang diperoleh konsumen, seperti melihat, menyentuh, bahkan mencoba produk Kylie juga di dapatkan melalui penjualan langsung di toko.

Melansir BBC, ketenaran Kylie Jenner berawal dari kemunculannya di reality show, Keeping Up With The Kardashian.

Pada salah satu episode pada tahun 2015, Kylie menyatakan bahwa dia tidak menyukai bentuk asli bibirnya yang tipis dan ingin mengubahnya dengan lip filler (suntikan botox untuk membuat bibir nampak lebih berisi).


Setelah melakukan filler pada bibirnya, Kylie kemudian meluncurkan lini produk ‘Kylie Cosmetics’. Sukses dengan lipsticknya, Kylie berencana melebarkan sayap dengan meluncrukan produk bedak, eyeshadow, dan bronzer (perona pipi), bekerja sama dengan Ulta.

“Aku melihat [Kylie Cosmetics] sukses besar. Aku bekerja keras [untuk hal ini],” kata Kylie.


Forbes menyebut Kylie sebagai milarder mandiri termuda, yangartinya dia mendapatkan kekayaannya melalui usahanya sendiri. Hal tersebut menerima beberapa tanggapan ketidak setujuan, seperti salah seorang pengguna Twitter yag menuliskan,

“Kylie Jenner muncul di Forbes yang menyebutnya “mandiri” sungguh konyol... Benarkah? Seseorang yang lahir dari salah satu keluarga terkaya di Amerika, “mandiri”? pasti itu “mandiri” [yang bermakna] ganda,” kata akun @MsJazzybelle.

Senada dengan akun tersebut, pengguna Twitter @bronze_bombSHEL mencuit,

“Mandiri? Sungguh? Mudah untuk jadi miliarder jika kamu berasal dari keluarga jutawan. Ini disebut kaya turun temurun+nepotisme... Coba Oprah Winfrey, yang dibesarkan neneknya di daerah pertanian Mississipi, untuk “mandiri” bisikan ke Kylie, ‘Kamu belum jadi miliarder’,”

Banyak akun lainnya mengungkapkan hal serupa. Kisah Kylie sebagai miliarder dianggap tidak menginspirasi karena ia sudah terlebih dulu berasal dari keluarga yang terkenal dan kaya raya.

Forbes, melalui CNN kembali menyanggah kritik-kritik tersebut, “Ya, Kylie memang berasal dari keluarga kaya dan jelas dia mendapat dukungan dari keluarga. Tapi, dia memiliki perusahaannya sendiri dan nilai tersebut adalah keuntungan pribadinya atas perusahaan yang ia dirikan,”

Baca juga artikel terkait MILIARDER atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Yantina Debora

DarkLight