Kurir Shopee Express Mogok Kerja akibat Pemangkasan Upah

Oleh: Alfian Putra Abdi - 12 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sebelumya upah kurir Shopee Express Rp5 ribu per paket, namun kini hanya Rp1.500 per paket pada April 2021.
tirto.id - Para kurir Shopee Express melakukan mogok kerja selama lima hari terakhir. Aksi mogok kerja dilakukan karena diduga ada pemangkasan upah yang dilakukan pihak Shopee.

Informasi dari Twitter @arifnovianto_id menyebutkan upah para kurir hanya Rp1.500 per paket pada April 2021. Sebelumnya upah mereka Rp5 ribu per paket namun mengalami penurunan secara berkala. Hal tersebut tanpa upah minimum dan jaminan sosial.

"Pemogokan ditempuh oleh Himpunan Driver untuk menuntut manajemen Shopee memberikan kerja layak ke rider Shopee Ekspess," tulis Arif di akun twitternya @arifnovianto_id pada Minggu 11 April 2021. Tirto sudah mendapatkan persetujuan dari Arif untuk mengutip cuitannya.

Menurut Arif terdapat 1.000 kurir yang mogok dan mayoritas memilih mengundurkan diri. Para kurir Shopee Express sebenarnya ialah mitra namun dipekerjakan seolah pekerja formal oleh pihak perusahaan.

Kurir dikenakan pola kerja regu waktu (shift) dan memiliki jumlah target pengiriman paket. Dan jauh dari "setara, masing-masing pihak memiliki keputusan yang sama kuat."

"Status "mitra" diberikan sebagai cara perusahaan untuk menghindari memberikan upah sesuai UMR, jam kerja 8 jam/hari, hak libur, pesangon, jaminan kesehatan, upah lembur, dll kepada karyawan," imbuh Arif.

Sementara itu, Shopee Indonesia menampik adanya aksi mogok kerja yang dilakukan kurir Shopee Express (SPX). Mereka mengklaim operasional pengiriman barang ke pelanggan berjalan lancar.

Executive Director Shopee Indonesia, Handhika Jahja juga membantah memberikan upah rendah untuk para mitra kerja mereka. Menurutnya upah yang diberikan cukup "kompetitif di industri jasa logistik."

"Jika seseorang mitra pengemudi SPX di wilayah Jabodetabek membawa 80 paket dalam sehari, mereka bisa mendapatkan insentif rata-rata senilai Rp 2.213 untuk setiap paket," imbuh Handika dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto, Senin (12/4/2021).

Ia mengklaim hal tersebut sudah cukup tinggi dibandingkan upah pasaran dengan kisaran Rp1.700 hingga Rp2 ribu. Shopee juga mengklaim menyediakan perlindungan asuransi demi menciptakan lingkungan kerja yang aman dan produktif.


Baca juga artikel terkait MOGOK KERJA KURIR SHOPEE atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Bayu Septianto
DarkLight