Kurangi Mobilitas Libur Nataru Demi Hindari Lonjakan COVID-19

Oleh: Iswara N Raditya - 16 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Masyarakat diimbau mengurangi mobilitas jelang hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) demi mencegah lonjakan kasus COVID-19.
tirto.id - Masyarakat diimbau untuk mengurangi mobilitas jelang hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang demi mencegah lonjakan kasus COVID-19 yang berpotensi memicu munculnya gelombang ketiga Corona di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Johnny G. Plate. "Kita tidak ingin kenaikan kasus COVID-19 seperti yang terjadi di masa lalu, terulang kembali. Karenanya, berbagai pembatasan mobilitas jelang Nataru harus ditetapkan untuk diterapkan," sebutnya dalam keterangan tertulis, Selasa (16/11/2021).

Berkaca dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, kasus COVID-19 cenderung melonjak karena terjadinya mobilitas massal dalam momen-momen tertentu seperti libur Lebaran maupun libur Natal dan Tahun Baru. Lonjakan kasus COVID-19 tersebut terjadi karena penerapan protokol kesehatan tidak diterapkan dengan ketat.

Sebagai contoh pada libur Idul Fitri 2020 lalu. Satuan Tugas Penanganan (Satgas) COVID-19 mencatat bahwa saat itu terjadi penambahan sekitar 68-93 persen kasus harian baru dan penambahan kasus mingguan di kisaran 2.889 hingga 3.917 kasus.

Di periode libur Natal pada tahun yang sama, ditemukan ada penambahan 37-95 persen kasus harian baru dan penambahan kasus mingguan sebanyak 8.096 hingga 38.340 kasus. “Kenaikan ini diperparah adanya varian Delta yang lebih mudah menular dibanding varian sebelumnya," kata Johnny G. Plate.

Diakui oleh Menkominfo bahwa saat ini kasus COVID-19 di Indonesia sudah berkurang dengan cukup signifikan dan melandai. Namun, Johnny G. Plate kepada masyarakat untuk tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat demi menghindari kemungkinan terjadinya kembali lonjakan kasus COVID-19.

Oleh karena itu, Menkominfo meminta kepada masyarakat untuk bisa memahami dan ikut mencegah lonjakan kasus dari jauh- jauh hari sehingga gelombang ketiga COVID-19 di Indonesia bisa dihindari.



Apabila mobilitas terpaksa memang harus dilakukan, Menkominfo berharap kepada seluruh pihak untuk secara aktif mengikuti testing.

Pengetesan COVID-19 sebelum menjalani kegiatan di masa liburan menjadi langkah preventif untuk memastikan pelaku perjalanan dalam kondisi sehat dan tidak menularkan virus ke daerah tujuannya.

Selain itu, Menkominfo juga mengajak masyarakat yang belum divaksin untuk segera melakukan vaksinasi COVID-19 demi tercapanya kekebalan komunitas atau herd immunity di Indonesia.

"Mari berjuang agar Indonesia berhasil melewati Natal dan Tahun Baru dengan level penyebaran COVID-19 yang terkendali," tutup Johnny G. Plate.


Banner BNPB Info Lengkap Seputar Covid19
Banner BNPB. tirto.id/Fuad

Baca juga artikel terkait LIBUR NATARU atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Iswara N Raditya
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight