Kurang Promosi, YG Entertainment Diprotes Penggemar BLACKPINK

Oleh: Maria Ulfa - 17 Desember 2019
Dibaca Normal 2 menit
Blink memprotes YG Entertainment karena dinilai kurang memberikan promosi terhadap BLACKPINK.
tirto.id - Sejumlah penggemar BLACKPINK, Blink mengajukan protes ke YG Entertainment karena agensi dinilai tidak menepati janji dan kurang memberikan kegiatan promosi terhadap BLACKPINK, termasuk perilisan lagu dan album baru.

Sebagaimana diwartakan Billboard pada Senin (16/12/2019), para penggemar memprotes melalui sebuah truk yang berkeliling di sekitar lingkungan Seoul, tempat di mana gedung YG Entertainment berada. Mobil truk tersebut memutar music video (MV) BLACKPINK, sekaligus memperlihatkan papan iklan bertuliskan “Permintaan Blink untuk BLACKPINK”.

Sebuah video yang diputar di truk tersebut, memperlihatkan tuntutan Blink yang meminta YG memberikan jadwal comeback sebanyak dua kali dalam setahun. Selain itu, Blink juga meminta YG memberikan aktivitas dan debut solo kepada 3 anggota BLACKPINK lainnya, yakni Lisa, Rose dan Jisoo, menyusul Jennie yang telah melangsungkan debut solo pada November 2018 lalu.

Kemudian, Blink juga meminta YG memberikan promosi yang layak dalam setiap comeback dan debut solo para anggota. Blink juga meminta YG membiarkan BLACKPINK berpartisipasi dalam acara penghargaan akhir tahun.

Dengan comeback melalui mini album “Kill This Love” pada April 2019 lalu, menyelenggarakan tur dunia, dan menjadi pengisi acara di festival Coachella, para penggemar mengklaim YG kurang mempromosikan BLACKPINK karena tidak ada lagu baru dan mereka jarang muncul di TV, meski BLACKPINK dinilai sangat populer.

Girl group beranggotakan 4 orang ini hanya merilis 13 lagu, dan satu lagu kolaborasi dengan Dua Lipa dan satu lagu solo untuk Jennie sejak mereka melangsungkan debut pada 2016 lalu. Meskipun ada jaminan dari pendiri YG Entertainment, Yang Hyung Suk, sebelum ia mengundurkan diri awal tahun 2019 karena sejumlah dugaan dan skandal yang menimpa agensi, tetapi semua itu nihil.


Yang Hyung Suk menjanjikan kepada penggemar bahwa BLACKPINK akan lebih aktif pada tahun 2019, dan masing-masing anggota akan merilis single solo.

"Dalam tahun 2019, tujuan dan keinginan saya adalah BLACKPINK melakukan 2 comeback, sementara tiga anggota yang tersisa merilis lagu solo dalam urutan Rose, Lisa, dan Jisoo," ujar Yang Hyung Suk, seperti dikutip Billboard.

Akan tetapi, tak beberapa lama kemudian, YG Entertainment justru mengalami krisis pada tahun 2019, ketika muncul sejumlah skandal yang melibatkan artis dan anggota eksekutif, termasuk Yang Hyung Suk, yang pada akhirnya ia memilih mengundurkan diri dari agensi.

Sementara itu, pemilik akun fanpage @RADIOBLACKPINK di Twitter, yang mempelopori protes truk tersebut mengungkapkan bahwa truk iklan itu akan mulai berkeliling di Seoul pada 18 Desember 2019.

"Kami ingin melakukan acara truk, bersamaan dengan proyek yang direncanakan lainnya, karena kami para penggemar benar-benar frustrasi dengan perlakuan BLACKPINK di bawah YG," kata admin akun tersebut, seperti dikutip Billboard.

Penggemar tersebut juga melanjutkan, "Setelah melakukan banyak diskusi dan pertimbangan, Blink memutuskan untuk bersatu dan memperjuangkan BLACKPINK. Kami percaya mereka memiliki potensi luar biasa yang terbuang sia-sia di bawah naungan YG Entertainment, dan, sebagai penggemar, kami tidak merasa nyaman dengan situasi saat ini.”


Penggemar juga mengklaim YG telah memberikan janji-janji palsu sejak BLACKPINK debut. Meski penggemar tahu YG memiliki artis lain yang harus dikelola, tetapi mereka menganggap manajemen BLACKPINK masih mengecewakan jika dibandingkan kesuksesan mereka yang luar biasa.

“Kami, sebagai penggemar, lelah dan kecewa karena potensi grup melemah karena cara YG [memanajemen]. Tiga tahun debut, hanya 13 lagu, tidak ada album lengkap, tidak ada promosi yang tepat, dan hanya satu comeback per tahun yang menyebalkan dan tidak bisa kami diterima. Karena itu, kami memutuskan untuk mengambil tindakan,” pungkasnya.

Di sisi lain, mengikuti kemunculan protes truk tersebut dan sejumlah tagar di seosial media yang digaungkan penggemar dan menjadi trending worldwide, YG akhirnya memberikan respons melalui akun Twitter resmi mereka pada Senin (16/12/2019).

"YG mendengar ketika ada rasa keprihatinan penggemar terkait BLACKPINK, serta semua artis kami. BLACKPINK berada di tahap terakhir dari tur dunia mereka tahun 2019-2020.Yang terdiri dari 32 konser di empat benua, 23 kota dengan sekarang diakhiri dengan tur dome di Jepang,” ujar perwakilan YG Entertainment.

YG melanjutkan, “Pada saat yang sama, mereka [BLACKPINK] bekerja keras di studio rekaman untuk album baru mereka. Kami menghargai Blink dan ingin meminta kalian untuk terus mendukung para anggota yang sedang mengerjakan jadwal rilis album mereka pada awal awal tahun 2020.”

Selain itu, YG juga mengucapkan rasa terima kasih mereka terhadap para penggemar dan mengungkapkan mereka akan melakukan yang terbaik untuk memberikan BLACKPINK dan Blink musik terbaik yang bisa diberikan YG.


Baca juga artikel terkait LAGU BLACKPINK atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight