Kupang Diguncang Dua Gempa Magnitudo 6,2 dan 5,8 Siang Ini

Oleh: Yantina Debora - 28 Agustus 2018
Gempa bumi Magnitudo 6,2 guncang Kupang, Nusa Tenggara Timur.
tirto.id - Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) diguncang dua gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 6,2 dan 5,8 pada Selasa (28/8/2018).

Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa pertama Magnitudo 6.2 terjadi pukul 14:08:10 WIB.

Lokasi gempa Kupang, menurut BMKG terletak pada 10.96 lintang selatan (LS), 124.16 bujur timur (BT) atau pada 106 km Tenggara Kupang-NTT. Pusat kedalaman gempa pada 10 Km.

Sedangkan gempa kedua dengan Magnitudo 5.8 terjadi pukul 14:13:29 WIB. Pusat gempa pada 10.99 LS,124.09 BT atau pada 105 km Tenggara KUPANG-NTT dengan kedalaman gempa terjadi di 10 Km.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan dalam rilis yang diterima Tirto, gempa dirasakan lemah selama 2 detik di Kota Kupang.

"Tidak ada kepanikan di masyarakat. Masyarakat tetap melakukan aktivitas secara normal," ujar Sutopo.

Tak hanya Kota Kupang, gempa juga dirasakan lemah di Kabupaten Rotendao selama kurang lebih 2 detik. Meski demikian aktivitas masyarakat tetap berjalan normal.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," lanjut Sutopo.

Sumber gempa berasal dari zona subduksi yaitu pertemuan lempeng Hindia Australia dan lempeng Eurasia. Sumber gempa Kupang berbeda dengan sumber gempa di Lombok dan Sumbawa. Kedua gempa yang terjadi pada hari ini tidak ada kaitannya.

"Berdasarkan analisis peta intensitas gempa dirasakan II-III MMI. Artinya ringan dan tidak merusak," kata Sutopo.

BPBD pun terus memantau dampak gempa dan hingga saat ini tidak ada korban jiwa dan kerusakan akibat gempa.


Baca juga artikel terkait GEMPA BUMI atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
DarkLight