Kunjungi Vaksinasi Bantul, Jokowi Singgung Persiapan Menuju Endemi

Oleh: Andrian Pratama Taher - 10 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi mengingatkan bahwa virus Corona tak akan hilang sehingga perlu persiapan hidup bersama Corona dengan mengoptimalkan vaksinasi dan protokol kesehatan.
tirto.id - Presiden Jokowi meninjau proses vaksinasi di daerah Bantul, Yogyakarta, Jumat (10/9/2021). Setidaknya ada dua lokasi yang ditinjau yakni di Jogja Expo Center dan SLB Negeri 1 Yogyakarta. Jokowi pun menekankan virus COVID tidak akan hilang sehingga perlu persiapan seperti vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan di masa depan.

Dalam peninjauan di Jogja Expo Center bersama ngarso dalam, Gubernur DIY dan Bupati Bantul, Jokowi meninjau vaksinasi untuk 8.000 orang yang terdiri atas abdi dalam, disabilitas, lansia, ojek online hingga masyarakat umum. Ia berharap vaksinasi bisa membuat masyarakat kebal dari COVID sehingga masyarakat kembali beraktivitas normal.

"Yang kita harapkan dengan vaksinasi ini bisa memberikan perlindungan, bisa memberikan proteksi yang maksimal kepada masyarakat sehingga semuanya kita bisa beraktivitas seperti biasa," kata Jokowi di Jogja Expo Center, Bantul, Yogyakarta, Jumat.

Sementara di SLB Negeri 1 Yogyakarta, Jokowi meninjau sekitar 375 pelajar SLB yang menjalani vaksinasi. Ia pun menyinggung agar masyarakat bersiap untuk hidup bersama dengan virus Corona.

"Kita tahu, Covid ini tidak mungkin akan hilang dan oleh sebab itu kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi dan juga mulai belajar hidup bersama dengan Covid," kata Jokowi di SLB Negeri 1 Yogyakarta, Bantul, Jumat.

Untuk itu, Jokowi mengatakan, perluasan vaksinasi sangat diperlukan pemerintah. Ia ingin setidaknya 70 persen warga sudah divaksinasi akhir tahun.

"Kita harapkan di akhir tahun nanti lebih dari 70 persen masyarakat sudah divaksinasi," kata Jokowi.

Ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang ikut vaksinasi. Vaksin tersebut, kata Jokowi, akan memberikan perlindungan bagi masyarakat karena COVID tidak mungkin hilang total di Indonesia. Oleh karena itu, ia mengingatkan agar masyarakat tidak lengah dengan pelandaian kasus.

"Ini penting saya sampaikan agar kita tidak [larut dalam] euforia yang berlebihan, senang-senang yang berlebihan karena kita semuanya masyarakat harus sadar bahwa Covid selalu mengintip kita sehingga protokol kesehatan harus terus dilakukan terutama memakai masker," tandas Jokowi.


Baca juga artikel terkait VAKSINASI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight