Kumpulan Doa untuk Guru dalam Islam: Bacaan Latin & Artinya

Kontributor: Yuda Prinada, tirto.id - 24 Nov 2022 13:15 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional 2022, berikut adalah kumpulan doa untuk guru, bacaan latin dan artinya.
tirto.id - Bacaan doa untuk guru bisa dilantunkan secara individu atau dibacakan di upacara peringatan Hari Guru Nasional 2022.

Dalam Islam, guru dimaknai sebagai orang yang mengetahui ilmu atau kerap disebut alim atau ulama. Para orang-orang ini adalah mereka yang paling dekat dan takut kepada Allah SWT. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Fathir ayat 28 sebagai berikut:

وَمِنَ النَّاسِ وَالدَّوَآبِّ وَالۡاَنۡعَامِ مُخۡتَلِفٌ اَ لۡوَانُهٗ كَذٰلِكَ ؕ اِنَّمَا يَخۡشَى اللّٰهَ مِنۡ عِبَادِهِ الۡعُلَمٰٓؤُا ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَزِيۡزٌ غَفُوۡرٌ

Arab Latinnya:

Wa minan naasi wadda waaabbi wal an'aami mukhtalifun alwaanuhuu kazalik; innamaa yakhshal laaha min 'ibaadihil 'ulamaaa'; innal laaha 'Aziizun Ghafuur.

Artinya:

“Dan demikian [pula] di antara manusia, makhluk bergerak yang bernyawa dan hewan-hewan ternak ada yang bermacam-macam warnanya [dan jenisnya]. Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama. Sungguh, Allah Maha Perkasa, Maha Pengampun,” (QS. Al-Fathir [35]: 28).

Berikut adalah beberapa doa yang bisa dibaca untuk para guru kita.


Kumpulan Doa untuk Guru dalam Islam dan Artinya

Terdapat beberapa kumpulan doa untuk guru, sebagaimana dilansir oleh situs Nahdlatul Ulama Jawa Timur. Berikut daftar doanya.


Doa untuk Guru agar Dimuliakan Allah

Selain doa untuk guru tersebut, ada lagi doa yang diciptakan Syekh Abdul Fattah Abu Guddah dalam Risalah al-Mustarsyidin. Berikut isi doanya:

Allahum magfir lamisya yihita walamin allamana warhamhum wa’akrimhum bi ridwanikal adzimii fiymag’ad sidqi indaka ya a’r hamar rahimin

(Wahai Allah ampunilah guru-guru kami dan orang yang telah mengajar kami Sayangi mereka, muliakan mereka dengan ridha-Mu yang agung, di tempat yang disenangi di sisi-Mu, wahai Yang Maha Penyayang di antara Penyayang).

Doa di atas berisi permohonan ampun dari orang Muslim untuk guru-guru yang berjasa dalam memberi pendidikan. Selain itu, orang yang berdoa juga bertujuan agar guru mereka mendapat rasa sayang, keridhaan, hingga ditempatkan di lokasi terbaik (sisi-Mu).

Doa untuk Guru

Dikutip dari Ta’lim Muta’allim:

Uqadimussatadzi ala nafsi walidiy wa innalaniy min walidil wasyaraf

(aku lebih mengutamakan guruku dari orang tuaku, meskipun aku mendapat dari orang tuaku keutamaan dan kemuliaan)

Fadzaka murabbirruhi warruhujawharu wahdza murabbil jismi wal jismu kassadaf

(ustadzku adalah pengasuh jiwaku dan jiwa adalah cita mutiara, sedangkan orang tuaku adalah pengasuh badanku dan badan ibarat kerangkanya)

Berdasarkan isi doa untuk guru di atas, dijelaskan bahwa guru diutamakan lebih dahulu dibanding orang tua. Akan tetapi, bukan berarti orang tua disingkirkan. Keduanya punya peran masing-masing. Sementara guru, lebih banyak mengajarakan di dunia pendidikan rohani seorang anak. Lalu, orang tua bertugas mengasuh tubuh fisik seorang anak.


Contoh Doa untuk Upacara Hari Guru Nasional


Hari Guru Nasional 2022 diperingati pada Jumat, 25 November 2022. Di dalam rangkaian acara menurut Pedoman Upacara Bendera HGN 2022, terdapat beberapa jadwal yang salah satunya adalah pembacaan doa.

Pelaksanaan baca doa untuk guru tersebut diadakan setelah menyanyikan lagu berjudul “Terima Kasih Guruku”. Setelah doa, pemimpin upacara akan melaporkan bahwa kegiatan mereka sudah selesai.

Dalam pembacaan doa, buku terbitan Kemdikbudristek tersebut sudah mencantumkan doa yang akan dibacakan dalam upacara. Berikut ini isi doa tersebut.


Bismillahirrahmanirrahim

(dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang)

Alhamdulillahi rabil alamin

(segala puji bagi Allah, semesta alam)

Hamdan yuwafiy ni’amahu wayukafi’u maziydah

(tepuji pemenuh kebutuhan ibu dan mencukupi kebutuhannya)

Ya robbana lakal hamdu kama yanbaghi

(ya Tuhan kami, untuk setiap Hamid sebagaimana mestinya)

Lijalali wajhika wa’aziymi sultanika

(demi keagungan wajahmu dan kebesaran kekuatanmu)

Yaa Allah, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Segala puji serta syukur kami panjatkan kehadirat-Mu, atas segala kenikmatan yang telah Engkau berikan. Ya Allah, ya Rahman ya Rahim, pada saat berbahagia nan khidmat ini kami berhimpun dalam mengikuti Upacara Bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2022 seraya berdoa dan berserah diri kepada-Mu yaa Rabb.

Ya Allah Ya Aziiz ya Adhim (Dzat yang Maha Perkasa lagi Maha Agung)

Jadikanlah Hari Guru Nasional Tahun ini sebagai momentum untuk melakukan refleksi diri agar terus meningkatkan kompetensi serta kualitas pembelajaran semata-mata demi mendidik putra putri kami menjadi Pelajar Pancasila yang unggul, maju, berbudi pekerti luhur, dan berdaya saing.

Ya Allah ya Jabbar Dzat yang Maha Kuasa,

Berikanlah kepada para guru-guru kami petunjuk-Mu yang nyata, ketajaman mata hati, kesabaran yang membaja, kerendahan hati, keikhlasan, dan rasa syukur yang tinggi dalam berkarya untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. Kokohkan kesungguhan kami, bersihkan hati kami agar kami mampu mencari solusi dari setiap persoalan dan tantangan, serta bersikap bijak atas kekurangan.

Ya Allah, ya Rahman ya Rahim

Muliakan guru-guru kami. Kami sangat mendambakan guru-guru kami menjadi pendidikpendidik sejati yang dapat melahirkan ribuan orang-orang hebat. Sosok teladan yang selalu mendidik dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, menebar semangat dan inspirasi bagi sekitarnya, sehingga terlahir orang-orang hebat untuk mewujudkan peradaban Indonesia yang unggul dan mulia.

Yaa Allah yang Maha Pengampun

Ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, dosa Bapak dan Ibu kami, dosa guru-guru kami, dosa para pemimpin kami, serta dosa para pendahulu kami. Janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau khilaf, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami, janganlah engkau bebankan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya.

Allahumma Ya Allah Ya Hadi, Tuhan Yang Maha Memberi Petunjuk

Tunjukkanlah yang benar itu tampak benar dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat melaksanakannya, dan tunjukkanlah yang salah tampak salah dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat menjauhinya., sebagaimana jalannya orang-orang yang Engkau berikan kenikmatan dan bukan jalannya orang-orang tersesat yang Engkau hinakan. sehatkan kami, kuatkan dan bahagiakan kami.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar, kabulkanlah doa dan permohonan kami.

Rabbana atina fid dunya hasanah wafil akhirati hasanah wa qina adzaban nar

(Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa api neraka)

Alhamdulillahi rabbil alamin

(Segala puji bagi Allah, semesta alam).


Baca juga artikel terkait HARI GURU atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight