KSP Respons Soal Calon Nama Kepala Otorita IKN Nusantara

Reporter: Alfian Putra Abdi - 21 Jan 2022 17:43 WIB
Menurut Tenaga Ahli Utama KSP, Presiden sudah memiliki beberapa nama untuk dipertimbangkan namun belum menjelaskan detail siapa saja kandidat tersebut.
tirto.id - Presiden Joko Widodo masih menimbang nama calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara. Ia masih memiliki waktu kurang lebih 2 bulan untuk mencetuskan nama.

Menurut Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Wandy Tuturoong, Presiden Jokowi membutuhkan sosok yang siap mengelola kompleksitas pemindahan dan pembangunan IKN Nusantara ke Kalimantan Timur.

"Mulai dari perencanaan, eksekusi, berhubungan dengan masyarakat dan investor; karena akan ada porsi pendanaan dari kerja sama pemerintah dan swasta," ujar Wandy kepada wartawan, Jumat (20/1/2022).

Menurut Wandy, Presiden sudah memiliki beberapa nama untuk dipertimbangkan. Namun ia belum bisa menjelaskan secara detail siapa saja kandidat tersebut.

"Kalau nama bisa siapa saja. Tapi yang paling penting punya background yang kira-kira cocok dengan bagaimana mengelola IKN baru," ujar Wandy.

Presiden Jokowi sempat mengutarakan keinginannya agar Kepala Otorita IKN Nusantara dijabat oleh seseorang yang memiliki pengalaman pernah menjadi Kepala Daerah dan berlatar belakang arsitektur.

Wandy menekankan, pemilihan Kepala Otorita di IKN merupakan hak prerogratif Presiden. "Mari kita serahkan pada Presiden," pungkas Wandy.



Baca juga artikel terkait IBU KOTA NEGARA atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Restu Diantina Putri

DarkLight