Kronologi Lovelyz Disband dan Surat yang Ditulis Anggota Usai Bubar

Oleh: Maria Ulfa - 2 November 2021
Dibaca Normal 2 menit
Girl group Lovelyz dinyatakan bubar atau disband oleh agensi mereka, Wollim Entertainment pada Senin (1/11/2021).
tirto.id - Girl group Lovelyz dinyatakan bubar atau disband oleh agensi mereka, Wollim Entertainment pada Senin (1/11/2021).

Melalui sebuah pernyataan resmi agensi, kontrak eksklusif mereka dengan anggota Lovelyz akan berakhir pada 16 November 2021. Namun, karena banyak anggota yang tidak memperpanjang kontrak, grup dinyatakan bubar.

Lovelyz adalah girl group pertama Woollim Entertainment yang memulai debutnya pada November 2014 dengan lagu “Candy Jelly Love.” Comeback terbaru mereka adalah pada September 2020 dengan lagu “Obliviate.”

Kronologi Pembubaran Lovelyz


Wollim Entertainment memberikan penjelasan terkait kronologi dan alasan mengapa Lovelyz bubar. Seperti yang disebutkan sebelumnya, banyak anggota yang memilih hengkang dari agensi.

“Setelah diskusi dan pertimbangan yang panjang dan mendalam, tujuh anggota Lovelyz (Yoo Jiae, Seo Jisoo, Lee Mijoo, Kei, Jin, Ryu Sujeong, Jung Yein) telah memutuskan untuk mempersiapkan awal yang berbeda di tempat baru, dan kami memutuskan untuk menghormati dan mendukung pemikiran anggota,” tutur perwakilan Wollim, seperti dikutip Soompi.

Sementara, dari semua anggota Lovelyz, hanya Baby Soul yang memilih memperbarui kontraknya dengan agensi.

“Dari anggota Lovelyz, Baby Soul telah memperbarui kontraknya dengan keyakinan yang telah ia bangun bersama kami untuk waktu yang lama. Sebagai pendukung Baby Soul untuk waktu yang lama, kami tidak akan menahan diri untuk memberikan dukungan penuh untuk langkah baru dan promosi aktif Baby Soul.”

Wollim juga berterima kasih kepada semua anggota Lovelyz yang telah bekerja keras selama 7 tahun ini. Mereka juga meminta penggemar, Lovelinus untuk mendukung karier para anggota Lovelyz lainnya di masa mendatang.

Sebenarnya, rumor tentang pembubaran grup sudah dimulai sejak 15 Oktober 2021. Bahkan, menurut berita yang beredar, Lovelyz sudah dalam proses pembubaran sejak Juli 2021.

Saat itu, rumor tersebut menyatakan hanya beberapa anggota Lovelyz yang diduga berusaha memperbarui kontrak mereka dengan agensi, tetapi negosiasi dikatakan sedang berlangsung.

Selain itu, penggemar juga memperhatikan bahwa anggota Lovelyz lebih aktif untuk kegiatan solo dibandingkan grup.

Rumor itu sendiri muncul usai anggota Lovelyz, Jisoo melakukan siaran langsung di V Live pada 12 Oktober 2021 dan mengobrol santai dengan penggemar, seperti dikutip Allkpop.

Saat itu, ada komentar penggemar yang menanyakan mengapa Lovelyz tidak melakukan comeback dalam waktu yang lama, Seo Jisoo dengan hati-hati memulai, "Kapan saya bisa melihat kalian. Ini mengecewakan."

Jisoo menambahkan, "Kami telah mencoba semua yang kami bisa. Kami memberi tahu mereka [agensi] bahwa kami ingin merilis album. Bukannya kami tidak memberi tahu mereka hal-hal yang kami inginkan. Kami tidak menahan diri. Ini adalah hidup kami. membicarakannya, dan menyia-nyiakan begitu banyak untuk hidup kami seperti ini membuat frustrasi dan kami merasa kasihan kepada penggemar kami."

Jisoo juga menambahkan, "Saya hanya ingin kalian semua tahu bahwa kami tidak hanya menunggu tanpa mengambil tindakan.”

Sementara itu, awal bulan Oktober, anggota Lovelyz, Jin juga membagikan pesan rahasia di Instagram-nya.

Dia menulis, "Akhir-akhir ini, saya lupa profesi saya. Jika kalian hanya melihat Instagram saya, saya adalah seorang food vlogger." Namun, tak lama kemudian postingan tersebut telah dihapus dari akun Jin.

Sebagai informasi, terakhir kali Lovelyz melakukan promosi adalah bulan September tahun lalu, dengan mini album ke-7 mereka, Unforgettable.

Surat Perpisahan Anggota Usai Bubar


Setelah pengumuman pembubaran dibuat oleh agensi, semua anggota Lovelyz menulis surat perpisahan kepada penggemar yang telah lama mendukung mereka.

Kebanyakan, para anggota mengucapkan rasa terima kasih mereka kepada penggemar. Selain itu, mereka juga meminta penggemar menghormati keputusan yang anggota buat.

“Saya dengan tulus berharap kalian akan dengan hangat mendukung tidak hanya keputusan yang saya buat, tetapi juga anggota kami yang masing-masing akan memulai awal yang baru di tempat yang berbeda,” tulis Baby Soul.

Peembubaran grup ini juga diperkuat dengan surat yang ditulis oleh Jin yang mengatakan bahwa ia telah menyelesaikan aktivitasnya sebagai anggota Lovelyz.

“Saya sekarang berusia 26 tahun setelah memulai hidup saya sebagai trainee pada usia 16 tahun, dan setelah lama merenung dan merenungkan lagi, saya telah memutuskan untuk meninggalkan Woollim Entertainment, tempat saya tinggal selama 10 tahun, menyelesaikan kegiatan saya sebagai Jin Lovelyz, dan menuju jalan yang baru,” katanya.

Para anggota, seperti Yein, Ryu Sujeong, Kei dan juga Jin mengucapkan rasa terima kasih mereka kepada Wollim Entertainment atas kesempatan yang diberikan agensi untuk mereka selama 7 tahun ini.

“Saya benar-benar ingin berterima kasih kepada keluarga Woollim. Saya belajar banyak di Woollim, bertemu dengan anggota yang saya cintai, dan berbagi emosi yang tidak dapat saya ungkapkan dengan kata-kata!” kata Sujeong.

Secara lebih lengkap, surat yang ditulis oleh para anggota Lovelyz dapat dilihat pada tuatan berikut ini.


Baca juga artikel terkait LOVELYZ atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Penulis: Maria Ulfa
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight