Kronologi Kecelakaan Tol Cipali KM 184 yang Tewaskan 8 Orang

Oleh: Adi Briantika - 10 Agustus 2020
Delapan orang tewas, satu orang luka berat, dan 14 orang luka ringan akibat kecelakaan tersebut.
tirto.id - Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi membeberkan kronologi kecelakaan lalu lintas melibatkan kendaraan Micro Bus Elf D-7013-AN dan Toyota Rush B-2918-PKL di Tol Cipali Km 184.300 yang menewaskan delapan orang.

"Kendaraan Elf melaju dari arah Jakarta ke Jawa Tengah setibanya di TKP kendaraan menyeberang ke jalur berlawanan," kata Kapolda Irjen Pol Rudy di Cirebon, Senin.

Rudi mengatakan kecelakaan tersebut terjadi pada pukul 03.30 WIB di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Km 184, tepatnya di Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon.

Kecelakaan maut tersebut kata Rudy, berawal dari kendaraan elf yang membawa 16 orang melaju dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

Saat di lokasi kejadian, Elf bernomor polisi D-7013-AN oleng dan berpindah ke jalur berlawanan yaitu dari Jateng ke Jakarta.

"Dari arah berlawanan datang kendaraan Toyota Rush B-2918-PKL dan kemudian menabrak elf," ujarnya.

Petugas saat ini masih menyelidiki dan melakukan olah tempat kejadian perkara. Rudy menduga kecelakaan diakibatkan supir elf mengantuk.

Akibat kecelakaan tersebut, delapan orang tewas, satu orang luka berat dan 14 orang luka ringan. Korban luka-luka dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Plumbon untuk perawatan, korban tewas dibawa ke Rumah Sakit Arjowinangun.

Korban dari mobil minibus yakni Mahendra (28), Sutinah (50), Sahudin (49), Lilis (28), Muzafar (12), Abdul Haris (27), Mia (46), Akbar Rizki Piandika (11) dan Sugeng Rawuh (31). Sedangkan korban dari mobil Rush adalah Maruli (23), Iksan, Sukarti, Lilis, Akbar dan Ngadino.

Kecelakaan di Tol Cipali pernah juga terjadi pada 1 Desember 2019 di KM 113.200. Imbasnya, 6 orang tewas dan 1 orang luka.

Dua kendaraan melaju dari arah Cirebon ke Jakarta di jalur lambat. Tiba-tiba mobil Avanza menyeruduk bagian belakang truk yang berada di depannya yang diduga karena sopir minibus tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya.


Baca juga artikel terkait KECELAKAAN TOL CIPALI atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Adi Briantika
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight