Kronologi Kasus Seo Ye Ji, Kim Jung Hyun, Isi Chat & Respons Agensi

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 16 April 2021
Dibaca Normal 4 menit
Kronologi kasus Kim Jung Hyun, Seo Ye Ji, isi percakapan mereka, dan respons masing-masing agensi.
tirto.id - Seo Ye Ji dan Kim Jung Hyun baru-baru ini sedang hangat diperbincangkan warganet, terutama para pencinta K-drama. Laporan awal Dispatch menunjukkan percakapan kontroversial antara Seo Ye Ji dan Kim Jung Hyun soal drama Time.

Pada tahun 2018, Kim Jung Hyun mendapat kecaman karena perilakunya di konferensi pers drama Korea Time yang ia bintangi bersama Seohyun SNSD. Kim Jung Hyun dianggap tidak memperlakukan Seohyun dengan selayaknya dan selalu menampilka ekspresi muka kaku.

Kemudian, pada 12 April 2021, Dispatch menerbitkan laporan yang menunjukkan perbandingan antara naskah asli drama Time dan versi yang ditayangkan. Laporan itu menjelaskan bahwa ada 13 adegan yang melibatkan kontak fisik antara karakter utama diubah atau dihapus.

Adegan skinship atau kontak fisik yang dihapus itu disebut-sebut merupakan permintaan dari kekasih Kim Jung Hyun saat itu, Seo Ye Ji. Seo Ye Ji melarang Kim Jung Hyun melakukan kontak fisik dengan Seohyun dan para staf wanita di lokasi syuting.

Dispatch menjelaskan, mereka telah menerima cerita tentang perilaku Kim Jung Hyun tiga tahun lalu dan bisa mendapatkan tangkapan layar pesan teks antara Kim Jung Hyun dan Seo Ye Ji soal drama itu.

Dilansir Soompi, Dispatch memastikan keaslian pesan antara Kim Jung Hyun dan Seo Ye Ji itu melalui berbagai sumber dan menyimpulkan bahwa pesan itu nyata.

Salah satu percakapan antara Seo Ye Ji dan Kim Jung Hyun adalah sebagai berikut:

Seo Ye Ji: Kim Stiff. Singkirkan semua kontak fisik.
Kim Jung Hyun: Tentu saja.
Seo Ye Ji: Kenapa kamu tidak memberi tahu apa saja yang kamu lakukan hari ini?
Kim Jung Hyun: Hari ini aku tidak menyapa anggota staf wanita. Aku sangat kaku dengan orang lain.
Kim Jung Hyun: Aku menjelaskan kepada Direktur Jang bahwa aku tidak akan melakukan adegan percintaan.
Seo Ye Ji: haha ​​oke. Tetap bersikap kaku.
Kim Jung Hyun: Naskah untuk episode 9 sudah selesai, tapi ku pikir itu perlu diubah seluruhnya
Seo Ye Ji: Lakukan perubahan dengan baik.

Dalam naskah asli untuk episode 9 Time, Seohyun membantu Kim Jung Hyun yang mabuk dengan memapahnya dari lorong gedung apartemen, membawanya ke dalam rumah, dan membaringkannya di sofa. Dalam versi yang disiarkan, Seohyun hanya menyuruh Kim Jung Hyun untuk bangun dari jauh, dan adegan itu berakhir di lorong.

Percakapan Seo Ye Ji dan Kim Jung Hyun berikut berlangsung selama pengambilan gambar untuk teaser drama Time pada bulan Juni 2018.

Kim Jung Hyun: Hanya kamu yang bisa menyentuh tanganku.
Seo Ye Ji: Bersikaplah kaku apa pun yang kamu lakukan. Pastikan semuanya diubah dengan baik. Tidak ada kontak fisik.
Kim Jung Hyun: Tentu saja. Kim Stiff!
Seo Ye Ji: Apakah kamu bisa melakukannya dengan baik?
Kim Jung Hyun: Tentu saja. Teaser dilakukan oleh asisten sutradara wanita, dan aku bersikap kaku.
Kim Jung Hyun: Aku bahkan tidak melakukan kontak mata dengan wanita.
Seo Ye Ji: Ubah semuanya dengan baik sehingga tidak ada romansa dan tidak ada kontak fisik.
Kim Jung Hyun: Seo Joo Hyun [nama asli Seohyun] sedang syuting, jadi hanya kami laki-laki yang sedang berbicara sekarang.
Kim Jung Hyun: Aku baru saja meminta Direktur Jang untuk menghapus semua adegan percintaan. Aku mengatakannya secara logis.

Seorang anggota staf di lokasi syuting pada saat itu mengungkapkan, “Dia [Kim Jung Hyun] terus meminta perubahan dalam naskah di lokasi syuting. Dia menekankan pentingnya cinta platonis dan meminta agar semua kontak fisik tidak dilakukan. Jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginannya, dia akan tiba-tiba berlari keluar dan mulai tersedak.”

Menurut Dispatch, para staf pada awalnya mengkhawatirkan Kim Jung Hyun, tetapi mereka kemudian menjadi curiga ketika Kim Jung Hyun terlihat mengecek ponselnya setiap saat.

Di bawah ini adalah percakapan lain yang menunjukkan Kim Jung Hyun mengirim video kepada Seo Ye Ji tentang situasi di lokasi syuting.

Seo Ye Ji: Bagaimana kamu menyapa [staf]?
Kim Jung Hyun: Aku tidak menyapa mereka semua. (mengirim video yang diambil di set)
Seo Ye Ji: Kamu berhak tidak menyapa [staf].
Seo Ye Ji: Jika mereka menyapa kamu lebih dulu, kamu hanya perlu menanggapi dengan kaku.

Seo Ye Ji terus-menerus meminta agar Kim Jung Hyun mengirim video dan audionya. Kim Jung Hyun diam-diam mengambil video di lokasi syuting dengan kamera menghadap ke tanah.

Seo Ye Ji: Suasana hatiku sedang buruk sekarang. Kirimkan video tentang situasi saat ini.
Kim Jung Hyun: (mengirim video yang diambil di lokasi syuting)
Seo Ye Ji: Tampaknya video yang kamu kirimkan kepada saya tidak diambil di lokasi syuting?
Kim Jung Hyun: Sudah di set. Itu ada di dalam studio.

Di lokasi syuting, Kim Jung Hyun terus-menerus meminta perubahan naskah, dan dia mengirim pembaruan naskah ke Seo Ye Ji.

Kim Jung Hyun: Aku terus melihat naskah. Aku tidak melakukan apa pun.
Seo Ye Ji: Pastikan ada perubahan agar tidak ada adegan romantis.
Seo Ye Ji: Kamu senang karena aku, bukan? Jadi, kamu harus membuatku lebih bahagia.

Kim Jung Hyun: Aku akan melihat naskah.
Seo Ye Ji: Oke. Buat perubahan yang baik. Kontak fisik, adegan romantis asmara, tidak-tidak.
Kim Jung Hyun: Tentu saja.

Respons Agensi Seo Ye Ji


Usai laporan Dispacth dirilis, Seo Ye Ji tidak menghadiri konferensi pers pada 13 April 2021 untuk film terbarunya Recalled.

Selain itu, beredar rumor tentang latar belakang pendidikan Seo Ye Ji yang dipalsukan dan juga tentang dirinya yang pernah jadi pelaku kekerasan di sekolah.

Pada 13 April 2021, agensi Seo Ye Ji merilis pernyataan berikut sebagai tanggapan atas laporan tersebut.

"Setelah bertanya pada pihak Kim Jung Hyun, kami menerima konfirmasi yang jelas bahwa kontroversi mengenai drama Time tidak terjadi karena Seo Ye Ji, dan Kim Jung Hyun menyatakan niatnya untuk merilis pernyataannya sendiri terkait hal ini," ujar GOLDMEDALIST, agensi Seo Ye Ji.

Agensi juga meminta maaf karena Seo Ye Ji tidak hadir di konferensi pers untuk film Recalled dan menyebabkan kerugian bagi staf dan aktor film lainnya serta wartawan.

Menurut agensi, pada saat mereka pacaran, Kim Jung Hyun juga meminta Seo Ye Ji, yang sedang syuting drama yang berbeda, untuk tidak beradegan ciuman. Sehingga, Seo Ye Ji juga mengatakan "Kalau begitu, jangan lakukan itu juga" kepada Kim Jung Hyun.

"Ini bisa dilihat sebagai pertengkaran sepasang kekasih yang biasa terjadi antara aktor yang sedang berkencan. Namun, semua aktor melakukan syuting secara normal, mengesampingkan pertengkaran mereka dengan pasangannya," tulis agensi.

Agensi juga menjelaskan soal latar belakang pendidikan Seo Ye Ji yang disebut-sebut palsu. "Seo Ye Ji telah diterima di Complutense University of Madrid di Madrid, tetapi setelah memulai aktivitasnya di Korea, dia tidak dapat mengikuti pembelajaran di universitas secara normal."

"Selain itu, terkait dugaan kekerasan di sekolah yang juga muncul, kami informasikan kepada Anda bahwa itu sama sekali tidak benar. Kami sekali lagi meminta maaf atas masalah yang ditimbulkan, pungkas agensi Seo Ye Ji.

Respons Kim Jung Hyun


Kim Jung Hyun kemudian merilis pernyataan dalam bentuk surat keesokan harinya pada 14 April 2021. Ia menyatakan, Time adalah drama pertamanya sebagai aktor utama, jadi itu juga proyek yang penting untuknya.

"Tapi saya membawa kekecewaan dan rasa sakit yang mendalam pada sutradara, penulis skenario, sesama aktor, dan staf. Saya minta maaf," tulis Kim Jung Hyun.

"Ingatan saya tentang konferensi pers Time tetap ada. Bahkan saya tidak bisa memaafkan sikap saya saat itu. Saya sangat menyesal dan berharap dapat memutar kembali waktu."

Kim Jung Hyun juga menjelaskan, semua tindakannya di Time adalah salah. Ia juga meminta maaf kepada Seohyun SNSD yang terluka karena sikapnya serta semua staf terkait lainnya yang bekerja keras saat itu.

Ia pun meminta maaf kepada agensinya O & Entertainment dan Culture Depot karena menyebabkan mereka disebutkan dalam kasus ini.

Kim Jung Hyun dikabarkan sedang berkonflik dengan O & Entertainment terkait kontrak eksklusifnya. Menurut laporan, Kim Jung Hyun menyatakan bahwa kontraknya harus berakhir pada Mei ini, sementara agensi berpendapat bahwa absennya tidak boleh dimasukkan dalam durasi kontrak.

Kim Jung Hyun mengambil cuti 11 bulan sejak kepergiannya dari Time pada tahun 2018 sampai ia kembali berakting melalui Crash Landing on You pada Desember 2019.

Bersamaan dengan rumor kencan dengan Seo Ji Hye, yang dibantah kedua belah pihak, baru-baru ini terungkap bahwa Kim Jung Hyun sedang dalam pembicaraan untuk bergabung dengan agensi Seo Ji Hye, Culture Depot.


Baca juga artikel terkait KIM JUNG HYUN atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Ibnu Azis
DarkLight