Kronologi Kasus Eiger vs Youtuber duniadian yang Viral di Twitter

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 29 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Penyebab Eiger dan Youtuber duniadian jadi trending topic di Twitter pagi ini.
tirto.id - Eiger menjadi trending topic warganet Twitter pada Jumat (29/1/2021). Menurut pantauan Tirto.id, hingga pukul 09.00 WIB, terdapat 45.800 twit yang menyangkut soal Eiger dan Youtuber Dian Widiyanarko dengan akun Instagram @duniadian.

Insiden viralnya Eiger ini bermula dari unggahan @duniadian di Instagram pada Kamis (28/1/2021). Dian mengunggah Surat Keberatan yang ia dapat dari Eiger.

Dalam surat itu, Eiger mempermasalahkan video di YouTube Dian yang berjudul "REVIEW Kacamata EIGER Kerato | Cocok Jadi Kacamata Sepeda".

Surat keberatan tersebut ditandatangani Hendra selaku HCGA & legal general Manager PT Eigerindo Multi Produk Industri pada 23 Desember 2020. Mengutip surat tersebut, tiga poin keberatan yang disampaikan Eiger yaitu:

"1. Kualitas video review produk yang kurang bagus dari segi pengambilan video yang dapat menyebabkan produk kami terlihat berbeda dari segi warna, bahan, dan detail aksesoris menjadi terlihat kurang jerlas.

2. Adanya suara di luar video utama yang dapat mengganggu (noise) sehingga infomrasi tidak jelas bagi konsumen.

3. Setting lokasi yang kurang propper bagi pengambilan video."

Eiger pun meminta Dian untuk memperbaiki atau menghapus konten review tersebut. Dalam keterangan foto unggahan itu, Dian menuliskan:

"Halo @eigeradventure jujur kaget saya dapat surat begini dari anda.

Lebih kaget lagi baca poin keberatannya. Saya kan review produk gak anda endorse. Kalau anda endorse atau ngiklan boleh lah komplen begitu.

Lha ini beli, gak gratis, lalu review pake alat sendiri. Ya maaf kalau gak sempurna karena saya youtuber kaki lima belum bintang lima yang alatnya cinematik.

Malah seharusnya anda berterima kasih, dapat promosi gratis ke 37ribu subscribers. Wong videonya tonenya positif

Ini videonya: https://youtu.be/pypfhi-NqjI

Ini bad PR banget.

FYI saya ini konsumen setia EIGER sejak lama.

Tapi okelah kalau anda keberatan, saya terima keberatannya dan saya mohon maaf. Tapi permintaan untuk menghapus, sory gak bisa.

Mulai hari ini saya tidak akan beli produk anda lagi dan tidak akan mereview di channel saya lagi. Biar hanya youtuber bintang lima dengan alat canggih saja yang mereview produk anda."

Unggahan tersebut sontak ramai dikomentari warganet. Banyak warganet tidak setuju dengan tindakan Eiger yang dianggap kurang tepat.

Tak lama setelah unggahan itu viral, Eiger mengeluarkan pemintaan maaf secara resmi melalui Twitter kepada Dian. Permintaan maaf itu juga diunggah Dian di Instagram.

Surat permintaan maaf itu tak hanya ditujukan pada Dian, tetapi juga masyarakat. Eiger menyatakan, surat keberatan yang diunggah melalui akun @duniadian benar dikirimkan oleh tim internal Eiger.

"Kami sadari apa yang kami lakukan tidak tepat dan salah. Sejatinya maksud dan tujuan awal kami adalah untuk memberikan masukan kepada reviewer agar lebih baik lagi. Tetapi sekali lagi, kami menyadari bahwa cara penyampaian kami salah," tulis Eiger.

Eiger juga mengunggah surat permintaan maaf tertanggal 28 Januari 2021 dan ditandatangani oleh CEO PT Eigerindo Multi Produk Industri, Ronny Lukito itu di akun resmi Twitter @eigerindo pada Kamis (28/1/2021).

Berikut ini video Dian soal review kacamata Eiger.



Baca juga artikel terkait EIGER atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight