Krisis Pandemi Corona COVID-19 Bikin Tekor Klub Liga Inggris

Oleh: Iswara N Raditya - 26 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Krisis pandemi Corona COVID-19 membuat klub-klub Liga Inggris terancam tekor.
tirto.id - Sektor olahraga, termasuk sepak bola, turut terdampak krisis pandemi Corona akibat penyebaran virus COVID-19 yang semakin meluas. Klub-klub Liga Inggris pun terancam tekor karena kompetisi dihentikan sementara. Salah satunya adalah klub strata kedua Liga Inggris atau Championship, Leeds United.

Bos Leeds, Andrea Radrizzani¸ mengakui bahwa dampak dihentikannya kompetisi terasa betul bagi klub-klub kecil termasuk klub yang dipimpinnya. "Dengan sangat menyesal ini memang bencana,” kata Radrizzani kepada Sky Sports yang dikutip Antara, Kamis (26/3/2020).

"Klub seperti kami kehilangan 8-10 juta poundsterling setiap tahun untuk tetap kompetitif, dan tak ada yang ingin mempertahankan usaha dengan kerugian seperti itu setiap tahun,” imbuh pengusaha kelahiran Milan, Italia, ini.

Kompetisi terhenti sama halnya mematikan pemasukan klub, terutama dari hasil penjualan tiket dan hak siar televisi. Bagi klub seperti Leeds United, itu merupakan sumber pemasukan utama.

"Situasi ini memperburuk keuangan kami. Dengan tidak memainkan lima laga kandang, kami kehilangan 2,5 juta poundsterling yang merupakan satu-satunya sumber pendapatan kami karena kami tidak mendapatkan sebesar itu dari hak siar televisi," keluhnya.

Selain Leeds United, Birmingham City yang juga merupakan anggota kompetisi Liga Championship turut merasakan hal serupa. Dikutip dari Sky Sports, Birmingham akan memangkas upah pemainnya yang bergaji lebih dari 6.000 poundsterling (Rp115 juta) per pekan.

Para pemain itu diminta untuk menyepakati kebijakan “pengurangan jangka pendek upah demi membantu klub menjalankan kehidupan sehari-hari dalam iklim seperti ini karena keadaan-keadaan luar biasa yang baru kali ini terjadi,” demikian tulis Daily Telegraph.


Kamis (19/3/2020) silam, seluruh otoritas sepak bola di Inggris menggelar rapat melalui telekonferensi. Hasilnya, disepakati bahwa kompetisi sepak bola di Inggris musim 2019/2020 dipastikan tetap berlanjut dan dituntaskan hingga akhir musim.

Namun, penangguhan kompetisi sepak bola di Inggris kemungkinan akan diperpanjang hingga 30 April 2020 sebagai upaya berjaga-jaga apabila pandemi Corona atau COVID-19 di Britania Raya belum mereda.

Keputusan UEFA yang resmi mengundurkan jadwal putaran final Piala Eropa atau Euro 2020 ke pertengahan tahun 2021 memberikan kesempatan bagi otoritas sepak bola di Inggris untuk menuntaskan musim kompetisi 2019/2020 yang tertunda.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight