KPU Siapkan Bilik Khusus Pemilih Bersuhu Tubuh di Atas Normal

Oleh: Haris Prabowo - 8 Desember 2020
Ketua KPU Arief Budiman telah menyiapkan bilik khusus pemilih dengan suhu tubuh di atas normal saat Pilkada serentak besok, Rabu (9/12/2020).
tirto.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan bahwa pihak telah menyiapkan sejumlah fasilitas baru saat pelaksaan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan besok (9/12/2020). Salah satunya, kata Arief, adalah bilik khusus bagi pemilih yang memiliki suhu tubuh yang tinggi.

“Pada saat pemungutan suara ada hal baru, bilik khusus disediakan untuk pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat Celcius. Dia tidak perlu masuk ke TPS tapi langsung diarahkan ke bilik khusus,” kata Arief saat konferensi pers setelah rapat koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan beberapa lembaga lain, Selasa (8/12/2020) siang.

Kata Arief, pemilih dengan suhu tubuh yang tinggi tetap bisa menggunakan hak suaranya. “Termasuk memasukkan surat suara yang sudah dicoblos ke dalam kotak suara yang tersedia. Pemilih diminta meninggalkan TPS dan langsung pulang,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan terdapat beberapa hal baru yang diterapkan di dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan berlangsung besok. Beberapa di antaranya seperti jumlah pemilih maksimal 500 orang per TPS, penggunaan masker, penggunaan sarung tangan bagi penyelenggara dan pemilih, juga larangan bersalaman antar pihak.

“Membawa alat tulis sendiri karena ada daftar hadir yang harus diisi pemilih, tinta tetes tidak lagi dicelup, mencuci tangan dilakukan sebelum masuk dan setelah keluar dari TPS. Kami juga menyediakan tisu kering,” kata Arief.

“Mudah-mudahan masyarakat tidak khawatir datang ke TPS sepanjang protokol kesehatan dijalankan dan diterapkan dengan baik,” tambahnya.



Baca juga artikel terkait PILKADA 2020 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Maya Saputri
DarkLight