KPU Klaim Kampanye Terbuka Hari Pertama Berjalan Lancar

Oleh: Bayu Septianto - 25 Maret 2019
KPU menyatakan, hari pertama kampanye rapat umum terbuka pada Minggu 24 Maret 2019 berjalan dengan lancar.
tirto.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklaim pelaksanaan hari pertama kampanye rapat umum terbuka pada Minggu 24 Maret 2019 berjalan dengan lancar.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, tak ada masalah berarti saat kampanye rapat umum terbuka yang berlangsung hari pertama kemarin.

"Berdasarkan laporan dari KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota, juga laporan dari tim monitoring KPU RI, kemarin kampanye rapat umum berjalan dengan lancar, tidak ada permasalahan yang berarti," ujar Wahyu saat dihubungi, Senin (25/3/2019).

Wahyu berharap, kampanye dapat terus berjalan dengan aman dan lancar hingga 13 April 2019 nanti. KPU, lanjut Wahyu, meminta seluruh peserta Pemilu untuk benar-benar mengoptimalkan gelaran kampanye untuk menyosialisasikan visi, misi dan program kepada masyarakat.

Selain itu, KPU juga akan berusaha memaksimalkan upaya mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang.

"Terus memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik 17 April mendatang," jelasnya.

Kampanye akbar perdana pemilihan presiden atau pilpres 2019 telah dimulai Minggu (24/3/2019).

Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden menghadiri kampanye terbuka yang diikuti ribuan pendukungnya.

Kedua calon presiden beradu strategi dan visi misi dalam kampanye tersebut. Tak lupa, janji pun diumbar agar target suara mereka tercapai.

Calon presiden inkumben Joko Widodo atau Jokowi yang berkampanye di Serang, Banten. Sementara lawannya Prabowo Subianto mengawali kampanyenya di Manado, Sulawesi Utara dan dilanjut ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Dua Cawapres tak mau ketinggalan. Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengawali kampanyenya di Sragen, Jawa Tengah yamg merupakan daerah basis massa pendukung PDIP.

Sementara cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin hanya menggelar doa bersama di Pondok Pesantren Annawawi, Tanara, Serang, Banten. Doa bersama ini dirangkaikan dengan haul ibunda Ma'ruf Amin, Nyai Hj Siti Maimunah binti KH Moh Romli yang dihadiri puluhan ribu warga.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno