KPK Usut Dugaan Suap Puluhan Miliar di Ditjen Pajak

Oleh: Alfian Putra Abdi - 3 Maret 2021
Menurut Alex, biasanya modus suap di Ditjen Pajak berkaitan dengan upaya Wajib Pajak membayar pajak lebih rendah dari seharusnya.
tirto.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah melakukan penyidikan dugaan suap di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan. KPK, kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata turut menggandeng Inspektorat Jenderal Kemenkeu dan Ditjen Pajak.

"Kita tangani kasus suapnya. Itjen [Kemenkeu] dan Ditjen Pajak akan memeriksa ulang WP [Wajib Pajak]-nya. Supaya ditentukan pajak yang benar berapa," ujar Alexander Marwata kepada wartawan di Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Alex belum bisa merincikan perkara lantaran tim penyidik masih bekerja mengumpulkan sejumlah alat bukti. Namun menurut Alex, biasanya modus suap di Ditjen Pajak berkaitan dengan upaya Wajib Pajak agar membayar pajak lebih rendah dari seharusnya dan caranya dengan menyuap pemeriksa.

Kabarnya salah satu pejabat di Ditjen Pajak terlibat dalam kasus ini, namun Alex juga belum mau menyebutkan siapa orang tersebut.

"[Nilai suap] besar juga puluhan miliar," ujar Alex.

Alex meminta masyarakat untuk menahan diri dan membiarkan tim penyidik bekerja. Ia berjanji KPK akan bekerja transparan dalam kasus ini.

"Kalau alat bukti cukup nanti akan kita ekspos," ujarnya.



Baca juga artikel terkait KORUPSI DITJEN PAJAK atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Bayu Septianto
DarkLight