KPK OTT Pejabat Kementerian Sosial terkait Dana Bansos COVID-19

Oleh: Haris Prabowo - 5 Desember 2020
KPK melakukan OTT terhadap pejabat Kementerian Sosial terkait dana bansos COVID-19 pada Jumat malam hingga Sabtu.
tirto.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT), kali ini terhadap pejabat di Kementerian Sosial (Kemensos). Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan operasi terkait dengan program bantuan sosial (bansos).

“Pada Jumat 4 Desember pukul 23.00 WIB sampai Sabtu 5 Desember jam 02.00 dini hari melakukan tangkap tangan terhadap tersangka PPK [pejabat pembuat komitmen] pada program bantuan sosial di Kemensos RI,” kata Firli saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (5/12/2020) pagi.

Dugaan korupsi yang dilakukan oleh pejabat itu adalah menerima hadiah dari para vendor pengadaan barang/jasa bansos saat penanganan pandemi COVID-19.

“Para tersangka sudah dibawa ke Gedung Merah Putih untuk pemeriksaan. Tolong beri waktu kami bekerja dulu, nanti pada saatnya KPK akan memberikan penjelasan,” kata Firli.

Ini merupakan kali keempat KPK melakukan OTT dalam beberapa waktu terakhir. Sebelumnya KPK melakukan OTT terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Rabu (25/11/2020), lalu dua hari kemudian terhadap Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna. Kemudian, pada Kamis 3 Desember, OTT kembali dilakukan terhadap Bupati Banggai Laut Sulawesi Tengah Wenny Bukamo.



Baca juga artikel terkait OTT KPK atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Rio Apinino
DarkLight