KPK Harap Panitia Seleksi Pimpinan KPK Jilid V Segera Dibentuk

Oleh: Mohammad Bernie - 15 Mei 2019
Presiden Jokowi sedang membentuk panitia seleksi pimpinan KPK jilid V. Wakil Ketua KPK Laode M Syarif berharap tim ini dapat segera dibentuk.
tirto.id - Presiden Joko Widodo tengah membentuk panitia seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid V. Untuk itu, Wakil Ketua KPK Laode M Syarif berharap tim ini dapat segera dibentuk.

"Ya kita berharap ditandatangani segera," kata Laode di Pusat Pendidikan Anti Korupsi, Kuningan Jakarta Selatan pada Rabu (15/5/2019).

Ia pun berharap, tim ini nanti diisi oleh orang-orang yang sudah terkenal integritasnya. Selain itu, ia berharap tim ini mengetahui kondisi internal lembaga antirasuah itu.

Presiden Jokowi mengaku akan menandatangani keputusan pembentukan panitia seleksi (pansel) KPK pekan ini. Hal tersebut dikatakan sesaat setelah buka bersama di rumah Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Senin (13/5/2019) malam.

"Pansel KPK insyaallah minggu ini sudah ditandatangani. Baru digodok. Banyak nama sudah masuk dan tinggal kita putuskan," kata dia kepada para wartawan.

Ia mengaku mendapat masukan nama-nama calon Pansel KPK dari berbagai pihak dan memeriksa satu-satu masukan tersebut.

"Dari banyak kita, satu-satu kita lihat. Ya kayak lima tahun yang lalu satu per satu kita lihat, ya minggu ini kita akan tanda tangani. Ada dari akademisi, ada dari praktisi, ada dari pemerintah, ada dari NGO, gabung-gabung," ujar dia.


Baca juga artikel terkait KPK atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Maya Saputri