KP PSSI Resmi Umumkan Nama Bakal Calon Ketua Umum PSSI 2019-2023

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 4 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
PSSI merilis nama-nama yang telah terverifikasi sebagai bakal calon ketua umum PSSI periode 2019-2023.
tirto.id - Komite Pemilihan (KP) PSSI merilis nama-nama yang telah terverifikasi sebagai bakal calon ketua umum PSSI periode 2019-2023. Menurut keterangan Ketua KP, Syarif Bastaman, total ada 11 nama yang akan diajukan kepada Komote Disipli (Komdis) PSSI untuk tahap berikutnya, yakni tahap integrity check (pengecekan integritas).

"Pendaftaran telah ditutup Kamis malam pukul 23.59. Kesan yang saya dapat antusiasme pendaftar ini besar sekali. Bahkan sampai lewat tenggat ada yang masih mendaftar, tapi setelah dipertimbangkan tetap tidak kami masukkan karena tidak sesuai dengan prosedur," kata Syarif kepada Tirto di Kantor PSSI, FX Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2019).

Nama-nama itu, antara lain: Arief Putra Wicaksono, Aven Hinelo, Bernhard Limbong, Fary Djemy Francis, La Nyalla Mattalitti, Iriawan, Rahim Soekasah, Sarman, Vijaya Fitriyasa, Benny Erwin, dan Yesayas Oktavianus.

Selain pada jabatan ketua umum, antusiasme membludak juga tampak dari jumlah pendaftat posisi wakil ketua umum serta komite eksekutif (exco). Seluruhnya ada 20 nama terdaftar sebagai bakal calon wakil ketua umum dan 91 orang bakal calon exco.

"Sudah ada juga rekonfirmasi dari calon yang dicalonkan, sehingga sudah resiprokal. Yang mencalonkan sudah terverifikasi dan yang dicalonkan sudah bersedia," sambung Syarif.

"Jadi selanjutnya dokumen ini akan kami kirimkan agar Komdis melakukan integrity check. Nah, integrity check ini perlu diketahui tahapan baru, dalam pemilihan sebelumnya tidak ada. Jadi harapannya dengan adanya ini calon-calon akan bisa lebih tersaring lagi sampai hari pemilihan," tegasnya.

Rencananya, setelah tahap integrity check rampung, KP akan membuka kesempatan banding untuk bakal calon yang tidak lolos ke tahap akhir. Banding dapat dilakukan pada rentang 9-13 Oktober.

Pengumuman hasil banding akan disampaikan pada 16 Oktober, sebelum masa kampanye dilakukan pada 24-31 Oktober 2019. Rencananya, pada kampanye KP juga akan menyelenggarakan debat terbuka.

"Nanti debatnya akan disiarkan live di TV, jadi masyarakat bisa lihat juga," kata Syarif.

Rencananya, proses pemungutan suara oleh para voters (istilah untuk pemilik hak suara) PSSI akan dilakukan pada kongres tanggal 2 November 2019.


Baca juga artikel terkait PSSI atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Widia Primastika
DarkLight