Kota Bekasi Paling Patuh Jaga Jarak & Pakai Masker se-Jawa Barat

Oleh: Bayu Septianto - 19 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kota Depok paling tidak patuh menjaga jarak dan Kabupaten Tasikmalaya terendah kepatuhan dalam memakai masker.
tirto.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil mengumumkan Kota Bekasi sebagai daerah di Provinsi Jawa Barat yang paling taat atau disiplin menjalankan protokol kesehatan terkait penanganan COVID-19. Kota Bekasi mendapatkan dua prestasi yakni kategori paling patuh menjaga jarak dan paling patuh memakai masker.

"Yang patuh menjaga jarak, jatuh kepada Kota Bekasi, jadi Kota Bekasi dinilai se-Jabar paling disiplin walaupun belum sempurna tapi paling disiplin dibandingkan yang lain," kata Kang Emil di Makodam III Siliwangi Kota Bandung, Senin (18/1/2021) dilansir dari Antara.

Sementara itu, Kota Depok menjadi kota yang tidak patuh menjaga jarak dan Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan penilaian terendah kepatuhan memakai masker.

"Kemudian yang tidak patuh menjaga jarak adalah Kota Depok. Yang paling tidak patuh mengenakan masker adalah Kabupaten Tasikmalaya," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga berpesan kepada daerah yang sudah patuh menjalankan protokol kesehatan agar bisa mempertahankannya.

"Pertahankan prestasi untuk Kota Bekasi dan kepada yang kurang patuh mohon memperbaiki disiplin dan kepatuhan demi kebaikan kita bersama," ucap Ridwan Kamil di akun twitternya @ridwankamil.

Sementara itu kepada daerah yang tidak patuh, pihaknya berpesan kepada wali kota dan bupati untuk terus mengedukasi masyarakatnya tentang protokol kesehatan.

"Karena tingkat kepatuhan di Jabar itu antara 60-70 persen, dari rata-rata sebelum PPKM 50-an persen sekarang naik memakai maskernya ke angka 60-an persen dan jaga jaraknya di 60-persen," katanya.

Meski meraih prestasi di Jawa Barat, Wali Kota Bekasi Rahmat Efendi tetap meminta warga Kota Bekasi tak boleh lengah mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Jangan sampe kendor, jangan sampe lengah yee bakal kesehatan kite semua. Kalau kita semangat melaksanakan 4M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dan Menghindari Kerumunan).. kenapa Anda tidak?" ucap Rahmat Effendi dalam akun Instagramnya @bangpepen03.


Baca juga artikel terkait PROTOKOL COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Zakki Amali
DarkLight