Korban Pengungsi Banjir Jati Padang Sudah Pulang ke Rumah

Oleh: Alfian Putra Abdi - 1 April 2019
Para korban pengungsi banjir di Jati Padang yang terjadi Minggu (31/3/2019) hari ini sudah mulai pulang ke rumah masing-masing.
tirto.id - Lurah Jati Padang Noviant memastikan, seluruh korban banjir Jati Padang sudah kembali ke rumah masing-masing. Sebelumnya para korban menginap sementara di Masjid Al Ridwan, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Sejauh ini para penghuni sudah nihil," ujarnya ketika ditemui di lokasi banjir, Jatipadang, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2019).

Adapun jumlah korban yang mengungsi sebanyak 10 Kartu Keluarga dengan 150 rumah yang terdampak.

"Yang dominan terdampak itu warga RT 03 dan 04 yang berada dalam RW 06. Sebagian memilih tidak mengungsi, ada juga yang menetap di rumah masing-masing," ujarnya.

Mereka yang memilih menetap, adalah warga yang posisi rumahnya kebetulan lebih tinggi sehingga tidak terlalu tergenang air banjir yang bersumber dari Kali Pulo.

Noviant meluruskan bahwa banjir yang terjadi pada Minggu (31/3/2019) sore tersebut bukan dikarenakan jebolnya tanggul seperti yang sempat tersiar di sosial media. Melainkan diakibatkan karena rembesan air dari bawah tanggul.

"Tanggulnya tetap kokoh, airnya saja yang ke bawah sehingga di sisi dalam tanggul terjadi luapan air. Yang akhirnya mengaliri rumah warga," pungkasnya.

Dari pantaun Tirto di lokasi, aktivitas warga memang perlahan memulih. Para warga sibuk bebenah rumahnya dari sisa air dan lumpur akibat genangan luapan air banjir.


Baca juga artikel terkait BANJIR atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno