Korban Kecelakaan Maut Balikpapan: 4 Tewas, 1 Kritis, 21 Luka-Luka

Reporter: Adi Briantika - 21 Jan 2022 13:01 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Korban kecelakaan yang mengalami luka-luka dirawat di RS Khanujoso, RS Beriman, dan RS Ibnu Sina.
tirto.id - Kepolisian menyampaikan data terkini korban kecelakaan maut di lampu merah Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo meralat informasi jumlah korban tewas akibat kecelakaan tersebut menjadi 4 orang.

"[Korban] yang meninggal dunia empat orang, satu orang masih kritis," kata Dedi, Jumat.

Dedi menjabarkan data korban hingga pukul 11.54 WIB tercatat empat orang meninggal dunia, satu orang kritis, empat luka berat, dan 17 luka ringan. Para korban dirawat di tiga rumah sakit (RS) rujukan, yakni RS Khanujoso, RS Beriman, dan RS Ibnu Sina.

Polis menyebut kecelakaan terjadi akibat truk bernopol KT-8534-AJ yang dikendarai Muhammad Ali (48 tahun) mengalami rem blong.

“Pompa angin rem tidak berfungsi sehingga menyebabkan rem blong,” kata Dedi.

Ali berangkat dari Jalan Pulau Balang Km 13, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, pada pukul 5 pagi. Truk yang mengangkut kontainer 20 kaki berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton itu hendak diantar ke Kampung Baru, Kecamatan Balikpapan Barat.

Saat tiba di depan Rajawali Foto Km 0,5, Ali mencoba mengendalikan persneling dengan mengubah dari gigi 4 ke gigi 3. Akan tetapi, rem tak berfungsi sehingga truk meluncur dan menabrak kendaraan yang ada di hadapannya.

Kerugian materiel akibat kecelakaan ini yakni tiang lampu lalu lintas dan pagar pembatas jalan roboh; dua angkutan umum, dua mobil pribadi, dua pikap, dan 14 motor.


Baca juga artikel terkait KECELAKAAN BALIKPAPAN atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight