Korban Kebakaran di Tebet akan Dibantu Urus Ijazah yang Hangus

Oleh: Riyan Setiawan - 12 Juli 2019
Sudin Pendidikan Jakarta Selatan akan membantu korban kebakaran di Tebet mengurus penerbitan kembali ijazah mereka yang ludes terbakar.
tirto.id - Kepala Suku Dinas (Sudin) Pendidikan Jakarta Selatan Joko Sugiarto berjanji akan membantu para korban kebakaran di Tebet yang ijazahnya hangus dilalap api.

Joko menyatakan Sudin Pendidikan Jakarta Selatan akan akan menghubungi sekolah-sekolah para korban kebakaran di Tebet agar membantu pengurusan penerbitan kembali ijazah mereka.

"Nanti kami bantu, kami hubungi sekolah-sekolah yang ada di situ. Kami cek, kan semua ada buku induk," kata Joko di SDN 05 Manggarai, Jakarta Selatan pada Jumat (12/7/2019).

Insiden kebakaran pada 10 Juli lalu melanda pemukiman di jalan Lebak Swadaya I, Kampung Bali Matraman, RT 12, RW 07, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Kebakaran di Tebet tersebut menyebabkan ratusan warga terpaksa mengungsi karena rumahnya ludes dilalap api. Ratusan korban kebakaran itu sampai sekarang mengungsi di SDN 05 Manggarai, Tebet.


Joko berharap korban kebakaran di Tebet masih memiliki salinan ijazahnya. Namun, jika mereka tidak memilikinya, kata Joko, pengurusan ijazah yang hangus masih bisa diupayakan.

"Nanti kami arahkan, nanti diurus ke kantor polisi [Surat Keterangan Ijazah Hilang]," ujar dia.

Dia menambahkan, usai mendapat surat keterangan dari polisi, korban kebakaran di Tebet bisa menerima surat keterangan pengganti ijazah dari Sudin pendidikan Jakarta Selatan.

"Nanti ke Sudin kita bantu mengurus keterangannya. Jadi nanti mereka hanya [menerima] surat keterangan pengganti ijazah," ujar Joko.


Bantuan penggantian dokumen yang terbakar juga akan diberikan oleh Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Selatan.

Kepala Seksi Pendaftaran Pelayanan Penduduk Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Selatan, Endang Susilowati bilang instansinya sedang mendata dokumen milik warga yang ludes terbakar.

Dokumen kependudukan itu seperti Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Itu yang hilang hangus terbakar, nanti akan kita cetak ketiga dokumen tersebut," ujarnya.


Baca juga artikel terkait KEBAKARAN atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Addi M Idhom
DarkLight