Konser Pearl Jam Kumpulkan Jutaan Dolar Bantu Tunawisma di Seattle

Oleh: Alexander Haryanto - 13 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Hasil dari konser Pearl Jam disumbangkan untuk ke 40 organisasi lokal guna membantu tunawisma.
tirto.id - Band legendaris, Pearl Jam menggelar konser di kota asalnya, Seattle, Washington, Amerika Serikat setelah lima tahun tak menggelar konser di sana. Menariknya, hasil dari konser tersebut mereka sumbangkan untuk membantu tunawisma di Seattle melalui berbagai organisasi lokal.

Seperti diberitakan NME, sekitar 90 persen dari 11 juta dolar AS penghasilan konser tersebut mereka sumbangkan ke sekitar 40 organisasi lokal untuk mengatasi masalah tunawisma di Seattle.

Selama pertunjukkan, mereka juga membawakan lagu-lagu dari Chris Cornell, The White Stripes, The Beatles, Neil Young dan lain-lain.

“Inilah yang bisa dilakukan oleh konser itu,” kata Marty Hartman, direktur Mary's Place.

Mary's Place adalah organisasi nirbala yang menyediakan perumahan sementara untuk wanita, anak-anak, dan keluarga di komunitas tunawisma. Tempat penampungan pribadi pertama Mary's Place membuka pintunya bagi keluarga tunawisma.

Selain itu, Pearl Jam juga berhasil mengajak restoran di Seattle untuk bergabung dengan kampanye mereka. Ada sekitar 80 perusahaan yang menyumbangkan sebagaian hasil mereka untuk kampanye membantu tunawisma tersebut.

Pearl Jam adalah salah satu band grunge yang lahir di Seattle pada tahun 1990-an. Band ini diisi oleh Eddi Vedder (vokal), Jeff Ament (bass), Stone Gossard (gitar), Mike McCready (gitar) dan Matt Cameron (drum).

Pearl Jam merupakan saksi sejarah mengenai lahirnya band beraliran grunge di kota Seattle. Ciri khas musik ini terletak pada distorsi gitar dan musik yang sederhana.

Seperti pada punk yang juga memberi pengaruh mereka selain metal dan indie rock. Musik ini mulai ada sejak pertengahan 1980an di Seattle. Musik mereka diterima publik dan mendunia di era 1990-an.

Band asal kota ini yang cukup dikenal antara lain: Nirvana, Soundgarden, Pearl Jam, Alice in Chains, dan Mudhoney. Dari luar Seattle, musik ini berkembang dan band-band yang terpengaruh oleh musisi kota ini. Salah satunya adalah Silverchair, band Australia yang juga tidak kalah mendunia.


Baca juga artikel terkait KONSER MUSIK atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight