Kondisi Budi Karya Membaik Usai Jalani Perawatan COVID-19 di RSPAD

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 15 April 2020
Meski dinyatakan sudah membaik, Menhub Budi Karya tetap harus menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.
tirto.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah pulang ke rumahnya usai menjalani perawatan intensif sebagai pasien positif virus Corona Covid-19 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Meski dinyatakan sudah membaik, Budi Karya tetap harus menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

“Bapak Budi Karya Sumadi, telah kembali di kediaman setelah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Kondisi beliau sehat dan saat ini tengah melakukan pemulihan serta isolasi mandiri selama 14 hari sesuai arahan dokter,” ucap Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam pesan singkatnya, Rabu (15/4/2020).

Membaiknya kondisi Budi Karya ini sudah terjadi selama beberapa hari yang lalu. Namun, belum ada informasi kapan Budi Karya akan kembali bekerja di kantornya.

“Saya kurang tahu ya karena itu dokter yang akan memastikan dari sisi kesehatan dan penugasan kembali itu tentunya dari Presiden,” ucap Adita.

Budi Karya diketahui pertama kali menyandang status positif Corona COVID-19 pada 14 Maret 2020. Menteri Sekretariat Negara Pratikno mengumumkan secara resmi kondisi Budi Karya atas seizin keluarga.

Presiden Joko Widodo lantas menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri ad interim atau pelaksana tugas Menteri Perhubungan. Dengan demikian, lama perawatan yang dijalani Budi kira-kira hampir mencapai 1 bulan sebelum dinyatakan membaik oleh dokter.

Tren pemulihan Budi Karya juga sudah meningkat dalam beberapa minggu lalu. Pada 31 Maret 2020 misalnya Budi mengunggah video singkat di akun instagramnya menunjukan bahwa ia telah membaik.

Selain Budi Karya, pejabat eselon I Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, juga dinyatakan positif Covid-19 pada 24 Maret 2020. Kondisi terakhir Zulfikri sudah bisa menjalani isolasi dan belum mengalami gejala lanjutan.



Baca juga artikel terkait PANDEMI CORONA COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Bayu Septianto
DarkLight