Komparasi Antara Nubia Red Magic 3, Black Shark 2, dan ROG Phone

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 29 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Perbandingan spesifikasi antara ZTE Nubia Red Magic 3, Xiaomi Black Shark 2, dan Asus ROG Phone, 3 smartphone gaming terbaru di pasaran.
tirto.id - Tren gaming kini telah merambah pasar mobile. Hal ini ditandai dengan banyaknya vendor yang meluncurkan smartphone khusus gaming. Tiga smartphone gaming terbaru yang telah dirilis ke pasar antara lain ZTE Nubia Red Magic 3, Asus ROG Phone, dan Xiaomi Black Shark 2.

Ketiga smartphone gaming ini mengusung desain dan spesifikasi yang berbeda. Tak hanya itu, fitur unggulan yang ditawarkan oleh masing-masing ponsel gaming tersebut juga turut berbeda.

Berikut ini perbandingan singkat spesifikasi ZTE Nubia Red Magic 3, Asus ROG Phone, dan Xiaomi Black Shark 2.

Layar

Nubia Red Magic 3 dilengkapi layar berukuran 6,65 inci dengan resolusi FHD+ dengan teknologi Super AMOLED, didukung fitur HDR dan DCI-P3 100% untuk warna yang akurat. Layarnya mendukung pressure sensitive zone guna meningkatkan pengalaman gaming.

Smartphone gaming Xiaomi Black Shark 2 dilengkapi layar berukuran 6,39 inci dengan resolusi FHD+ dengan teknologi Super AMOLED yang didukung fitur HDR dan DCI-P3 untuk warna yang akurat. Layarnya mendukung pressure sensitive dengan sebutan Magic Press.

Asus ROG Phone dilengkapi layar berukuran 6 inci dengan resolusi FHD+ dengan teknologi Super AMOLED yang didukung fitur HDR dan DCI-P3 108,6% untuk warna yang akurat. Ponsel gaming ini masih menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo dan akan mendapatkan update ke Android 9.0 Pie.


Performa

Baik Nubia Red Magic 3 atau Xiaomi Black Shark 2 sama-sama bertenaga chipset Snapdragon 855 berkonsep octa-core terdiri dari single-core 2,8GHz, triple-core 2,4GHz, dan quad-core 1,8GHz. Kedua ponsel gaming ini memiliki varian tertinggi dengan RAM 12GB. Keduanya menggunakan grafis dari Adreno 640.

Asus ROG Phone menggunakan chipset Snapdragon 845 berkonsep octa-core terdiri dari quad-core 2,96GHz dan quad-core 1,7GHz, serta diperkuat RAM 8GB. Sektor grafis, ROG Phone mengandalkan GPU dari Adreno 630.

Kamera

Nubia Red Magic 3 dibekali sebuah kamera belakang berkekuatan 48 megapiksel dengan sensor Sony IMX586 1/2 inci 0.8um piksel ditandemkan lensa aperture f/1.7 yang didukung fitur phase-detection autofocus (PDAF) dan LED flash. Ponsel ini dibekali kamera depan 16 megapiksel untuk foto selfie.

Xiaomi Black Shark 2 mengandalkan dukungan tiga buah kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 48 megapiksel dengan sensor Sony IMX586 1/2 inci 0.8um piksel ditandemkan lensa aperture f/1.8 yang didukung fitur phase-detection autofocus (PDAF) dan LED flash.

Kamera kedua Black Shark 2 ini berkekuatan 12 megapiksel yang berfungsi sebagai depth sensor sekaligus telephoto dengan lensa f/2.2 untuk menghadirkan kemampuan 2x optical zoom. Kamera kedua ini juga berfungsi sebagai depth sensor. Guna memuaskan hasrat selfie, Xiaomi Black Shark 2 dibekali dengan kamera depan 20MP yang didukung fitur AI.

Asus ROG Phone dibekali dua kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363. Sedangkan kamera kedua 8 megapiksel sebagai depth sensor. ROG Phone diperkuat kamera depan 8MP.

Baterai

Nubia Red Magic 3 dibekali baterai berkapasitas 5000mAh. Sedangkan Xiaomi Black Shark 2 didukung baterai 4000mAh. Keduanya sama-sama dibekali teknologi fast charging 27W. Sementara Asus ROG Phone yang didukung baterai 4000mAh sudah didukung fitur Quick Charge 4+ dengan daya 30W.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi