Kominfo: Kurangi Plastik Dengan Gerakan 1 Juta Tumbler

Oleh: Riyan Setiawan - 28 Juli 2019
Alasan Kominfo menyelenggarakan kegiatan tersebut karena berdasarkan penelitian dari Universitas Georgia, Amerika Serikat, sampah plastik di Indonesia menempati posisi kedua di dunia.
tirto.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan satu juta tumbler dan generasi bijak plastik di Senayan, Jakarta Selatan untuk mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik.

"Tujuannya untuk mengajak masyarakat untuk seminimal mungkin menggunakan plastik setiap hari," Sekjen Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti, Minggu (28/7/2019).

Menurutnya alasan Kominfo menyelenggarakan kegiatan tersebut karena berdasarkan penelitian dari Universitas Georgia, Amerika Serikat, sampah plastik di Indonesia menempati posisi kedua di dunia.

"Ini tentunya sampah yang ada di darat dan laut. Kalau ke laut, ini tentu mengancam keragaman aneka hayati dan hewan yang terpengaruh," ucapnya.

Dalam hal ini, Kominfo pun menyayangkan akibat sampah plastik di laut, membuat ikan, kura-kura, dan dan ekosistem laut lainnya mati karena mengonsumsi sampah plastik.

"Kalau ikan yang mati karena sampah tersebut dimakan oleh manusia, ini dalam jangka panjang akan terpengaruh terhadap kesehatan manusia. Karena plastik tidak bisa terurai dalam puluhan tahun," tuturnya.

Sehingga Kominfo sebagai lembaga pemerintahan pun mengajak seluruh masyarakat untuk bergabung dalam gerakan satu juta tumbler.

"Jika tiap hari tidak menggunakan plastik, maka akan mengurangi sampah plastik," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait SAMPAH PLASTIK atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight