Advertorial

Kombinasi untuk Performa Terbaik

Oleh: Advertorial - 17 Desember 2018
Dibaca Normal 2 menit
Kombinasi ideal memaksimalkan potensi tiap-tiap elemen penyusunnya. Bukan hanya kompatibel, penggunaan Corsa Platinum M5 pada Yamaha NMax membuat keduanya mencapai performa terbaik.
tirto.id - Sejak diluncurkan pada 2015, Yamaha NMax langsung menarik perhatian para pengguna sepeda motor Indonesia. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), dalam periode Januari-Juni tahun ini saja 199.862 unit NMax terjual dari pabrik ke dealer (whosales). Itu melampaui penjualan di periode yang sama pada 2017, yaitu 104.600 unit.

Senior GM Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Hendri Wijaya menjelaskan, NMax awalnya didesain untuk menyasar konsumen dengan tingkat ekonomi menengah ke atas, tetapi rupanya skuter matik (skutik) bongsor itu diminati kalangan yang lebih luas.

"Sudah luas banget segmennya. Sekarang Anda lihat ibu-ibu pakai NMax, ojek online juga. Segmen menengah dan menengah ke bawah juga sudah memakai ini," kata Hendri.

Pada tahun pertama kehadirannya, NMax langsung memperoleh Forwot Motorcycle of The Year, penghargaan Forum Wartawan Otomotif (Forwot) terhadap sepeda motor baru yang unggul dalam desain, kecanggihan, performa, harga, hingga faktor layanan purnajual.

Skutik premium yang dapat dikendarai sambil meluruskan kaki ini ditengarai punya masa depan cerah. Ketua Bidang Niaga AISI, Sigit Kumala, bahkan menilai kehadiran skutik premium akan menggerus pasar motor sport di Indonesia. “Matik premium jadi tren sebab terlihat lebih gagah dan nyaman saat digunakan untuk menempuh perjalanan jauh,” katanya.

Senada dengan Sigit, Salomon Manalu, Brand Manager Corsa, memprediksi populasi skutik premium akan mencapai angka 1 juta unit pada akhir tahun ini. Dan untuk memaksimalkan performa skutik premium, Corsa meluncurkan ban premium Platinum M5.

“Dibuat dari compound premium, Corsa Platinum M5 dijamin punya jarak tempuh optimal dan mampu memberikan performa handling serta daya cengkeram yang sangat baik di lintasan kering maupun basah. Selain itu, dengan desain telapak ban yang sporty, performa dan tampilan saat berkendara semakin istimewa,” ujar Sigit.

Infografik Advertorial Yamaha Nmax Corsa Platinum M5
Infografik Advertorial Yamaha Nmax Corsa Platinum M5


Pengalaman Pengendara

Andry Hermawan, karyawan swasta, sehari-hari menunggangi NMax dari rumahnya di kawasan Margonda, Depok, ke tempat kerjanya di bilangan Kemang. Kepada Tirto, Andry menyebut pengalamannya menggunakan Corsa Platinum M5 memuaskan.

“Telapak bannya lebar. Buat orang berbadan besar kayak gua, ban dengan telapak lebar membuat sebaran beban lebih luas. Dampaknya, saat melintasi jalan yang tidak rata, misalnya, motor aman-aman saja. Gua juga nyaman,” katanya.

Ukuran ban motor Andry sebetulnya 110/70 (depan) dan 130/70 (belakang), sedangkan Platinum M5 yang dipakainya 1 nomor lebih besar: 120/70 dan 140/70. Walau demikian, Andy merasa perbedaan ukuran itu bukan masalah.

“Kadang ada orang beli ban bagus tapi ukurannya nggak sesuai, akhirnya velg ikut diganti. Itu yang kemudian bikin kantong kering. Pada motor gua, hal itu nggak perlu,” ujar Andry. Mempertimbangkan kualitas dan harga ban, dia menilai Corsa Platinum M5 sebagai produk ekonomis.

“Ban besar biasanya sulit dipakai belok, tapi produk ini oke. Diajak cornering juga, hingga batas tertentu, lumayan,” katanya. Untuk hasil yang maksimal, Andry menyarankan agar pengguna mengisi Platinum M5 dengan nitrogen. “Karena berat, sebaiknya nggak diisi angin biasa,” katanya.

Andi Pangeran, anggota Yamaha NMax Community Indonesia (YNCI) chapter Pinrang, Sulawesi Selatan, menyebut Platinum M5 “membuat nyalinya lebih besar.”

“Saya adalah pengendara dengan kecepatan 80km/jam di tikungan. Saat menggunakan M5, saya berani tarik gas sampai 100km/jam. Dipakai hantam lubang juga kondisinya aman, bannya empuk, ” kata Andi, yang bersama rekan-rekannya di YNCI telah menjajal jalur Toraja-Bali. Andi juga menilai produk anyar Corsa ini punya keunggulan desain. “Bannya empuk, alur garis dan motifnya juga bagus sekali,” ujarnya.

Kini Corsa Platinum M5 tersedia dalam lima ukuran, yaitu dari 110/70-13 dan 120/70-13 untuk ban depan, serta 130/70-13, 140/70-13, dan 150/60-13 untuk ban belakang. Harganya mulai dari Rp270 ribu sampai Rp420 ribu.

Kombinasi ideal, kita tahu, adalah kombinasi yang memaksimalkan potensi tiap-tiap elemen penyusunnya. Bukan hanya kompatibel, penggunaan Corsa Platinum M5 pada Yamaha NMax membuat keduanya mencapai performa terbaik.