Klasemen Piala AFF U-18 Usai Hasil Timnas Indonesia vs Brunei

Oleh: Wan Faizal - 10 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hasil Timnas Indonesia U-18 vs Brunei membuat skuad Garuda Nusantara memuncaki klasemen sementara Piala AFF U18 2019 bersama Myanmar.
tirto.id - Timnas Indonesia U18 masih memuncaki Grup A Piala AFF U18 2019 setelah mengalahkan Brunei dengan skor 6-1, Sabtu (10/8/2019). Namun, skuad Fakhri Husaini tidak sendirian berada di puncak klasemen karena Myanmar yang juga mengoleksi poin sempurna dari tiga pertandingan yang sudah dijalani.

Kemenangan besar kembali diraih oleh Amiruddin Bagus Kahfi dan kawan-kawan. Setelah menghabisi Filipina 7-1 dan menghantam Timor Leste 4-0, berikutnya Brunei yang digilas tanpa ampun. Skor 6-1 menjadi hasil akhir laga ketiga Indonesia di Piala AFF U-18 2019.

Tambahan tiga poin ini membawa Indonesia masih memimpin persaingan di Grup A dengan koleksi 9 poin. Hasil yang membuat sang pelatih cukup senang karena ia menampilkan sejumlah pemain yang tidak beraksi dalam dua laga sebelumnya.

“Bukan pertandingan yang mudah, tapi saya harus mengapresiasi kinerja tim ini. Saya memang menurunkan beberapa pemain yang belum pernah main. Namun mereka bisa membuktikan diri bahwa mereka bisa saya andalkan,” kata Fakhri.

Di peringkat kedua ada Myanmar yang sama-sama mengoleksi kemenangan ketiga atas Timor Leste, Sabtu (10/8/2019), dengan skor 1-0. Adalah Moe Swe yang memastikan Myanmar tetap menjaga jarak dengan Indonesia jelang dua laga pamungkas di fase grup ini.


“Kemenangan ini menjadi sangat penting karena kami tahu bahwa kami harus menjaga jarak dengan Indonesia. Tapi di satu sisi, kami juga sadar bahwa Timor Leste adalah lawan yang tidak mudah dikalahkan,” kata pelatih Myanmar, Soe Myat Win, usai pertandingan.

Sementara itu Laos menggeser posisi Timor Leste di peringkat ketiga usai mengalahkan Filipina dengan skor 1-0. Kemenangan ini menjadi sangat berarti bagi Laos jelang laga penting melawan Indonesia hari Senin mendatang di Thong Nhat Stadium.

Kekalahan yang diderita Brunei dan Filipina sendiri praktis sudah menutup kans mereka menuju semifinal. Menyisakan dua laga saja, baik Brunei dan Filipina menjadi tim yang belum pernah meraih poin dari tiga laga perdana mereka. Bahkan untuk mentas dari dua peringkat terbawah pun rasanya masih akan sulit dilakukan oleh keduanya.

Sedangkan bagi Indonesia sendiri, andai bisa mengalahkan Laos nanti maka satu tiket ke semifinal sudah bisa dipastikan. Kemudian tinggal memainkan laga pamungkas melawan Myanmar, Rabu (14/8/2019), yang bisa menjadi laga penentuan soal siapa yang berhak menjadi juara Grup A.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-18 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight