Piala AFF U-18 2019

Klasemen Piala AFF U-18 2019: Indonesia & Myanmar ke Semifinal

Oleh: Wan Faizal - 14 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Timnas Indonesia U-18 dan Myanmar U-18 lolos ke semifinal Piala AFF U-18 2019 setelah menjadi juara dan runner-up Grup A.
tirto.id - Timnas Indonesia U-18 menjadi juara Grup A di Piala AFF U-18 2019 setelah bermain imbang 1-1 melawan Myanmar di Thong Nhat Stadium, Rabu (14/8/2019). Meski hanya merebut satu angka, itu sudah cukup untuk menjaga posisi anak asuh Fakhri Husaini di peringkat teratas dengan jumlah 13 poin.

Sebelum laga dimulai, Timnas U18 secara matematis hanya perlu mengamankan satu poin saja untuk bisa menjadi juara grup. Sama-sama mengoleksi 12 poin dengan Myanmar, hasil seri sudah pasti membuat tim lawan tidak bisa menyalip Indonesia.

Namun dari jalannya pertandingan, Myanmar bisa memberikan perlawanan keras bagi skuad Garuda Nusantara. Mereka bahkan unggul terlebih dahulu melalui sontekan Hein Htet Aung di menit 50. Untungnya, ada sang kapten Rizky Ridho yang bisa menyamakan skor melalui eksekusi tendangan bebas di menit 68.

Bagi Fakhri, ia sebenarnya agak kecewa dengan cara timnya bermain. Terutama karena Indonesia gagal mendulang kemenangan yang bisa membawa mereka meraih poin sempurna.

“Harus saya katakan bahwa saya tidak puas dengan performa para pemain. Beberapa pemain harusnya bisa bermain lebih baik dibanding pemain lain yang sudah bermain di empat pertandingan sebelumnya,” kata Fakhri.

Kini, Indonesia hanya perlu menanti siapa lawan mereka di babak semifinal nanti. Berstatus sebagai juara Grup A, maka Indonesia akan bertemu runner-up Grup B.

Sejauh ini belum ada tanda-tanda jelas siapa yang akan menempati peringkat tersebut. Saat ini Malaysia dan Australia berada di peringkat pertama dan kedua dengan masing-masing sembilan poin. Sedangkan Vietnam selaku tuan rumah ada di urutan ketiga dan masih menjaga asa dengan koleksi tujuh poin.



Di pertandingan terakhir Kamis (15/8/2019) esok, ketiga tim diprediksi bisa memenangi laga karena hanya akan bertemu tim peringkat empat sampai enam. Malaysia akan berjumpa Thailand, Australia bertemu Singapura, sementara Vietnam dijadwalkan bertanding melawan Kamboja.

Kembali ke Grup A, dari hasil pertandingan lain Laos sukses membungkam Timor Leste dengan skor telak 4-0. Kemenangan ini memastikan anak asuh V. Sundramoorthy menghuni peringkat ketiga dengan sembilan poin. Sedangkan tim besutan Andi Susanto harus puas di urutan empat dengan jumlah enam angka.

Sementara itu masih ada satu pertandingan lain dari Grup A yang baru akan bermain malam ini, yakni antara Filipina dan Brunei. Sama-sama belum meraih satu pun poin, pertemuan kedua tim nanti akan menjadi ajang pertaruhan agar tidak menjadi juru kunci di penghujung partisipasi mereka di Piala AFF U-18 2019 ini.

Berikut ini klasemen Grup A Piala AFF 2019.

Tim Main Menang SG Poin
Indonesia 5 4 +16 13
Myanmar 5 4 +8 13
Timor-Leste 4 2 +3 6
Laos 4 2 −1 6
Filipina 4 0 −13 0
Brunei 4 0 −13 0

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-18 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Wan Faizal
DarkLight