Grup K Kualifikasi AFC Cup U19

Klasemen Kualifikasi Piala Asia U19 Usai Indonesia U19 vs Hongkong

Oleh: Wan Faizal - 8 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Indonesia berada di puncak klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia U19 2020 sedangkan peringkat kedua ditempati Korea Utara.
tirto.id - Timnas Indonesia U19 mengalahkan Hong Kong dengan skor 4-0 di laga kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U19, Jumat (08/11/2019). Dengan hasil ini maka tim asuhan Fakhri Husaini hanya butuh hasil imbang saja di laga terakhir, Minggu (10/11) untuk menjadi juara grup dan lolos ke putaran final Piala Asia U19 2020.

Target kemenangan dicanangkan ketika bertemu dengan Hong Kong. Keberhasilan sang lawan menahan imbang Korea Utara di laga perdana dijadikan pelajaran oleh tuan rumah. Hasilnya, Bagus Kahfi dan kolega tampil percaya diri sejak menit awal.

Gol pertama Indonesia lahir dari kerja sama David Maulana dan Bagas Kaffa. Tak berselang lama, aksi individu Mohammad Supriadi diakhiri penyelesaian jitu dari Fajar Faturrahman. Bagi Fajar, ini adalah gol ketiganya di babak kualifikasi.

Kemudian di babak kedua, 2 gol tambahan bisa diciptakan Indonesia lewat skema bola mati lewat sepakan bebas David dan eksekusi penalti Bagus Kahfi yang membuat laga berakhir dengan skor 4-0.


Sebelumnya, Jumat (08/11/2019) sore WIB, Korea Utara berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor telak 0-4. Kemenangan ini tentu sudah sesuai target demi membalas kegagalan menang di laga pertama kala ditahan imbang oleh Hong Kong.

Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Korea Utara sudah mengungguli Timor Leste melalui gol dari Ra Nam Hyon. Tertinggal di menit awal memaksa tim asuhan Lee Min Young bergerak cepat demi mencari gol penyama. Namun, justru Korea Utara yang sukses memperbesar skor di menit 21 melalui Ri Kum Hyon.

Di babak kedua, keunggulan Korea Utara bertambah di menit 77 ketika Kim Chol Guk menjebol gawang Junildo Manuel de Castro Pereira. Sebelum laga benar-benar usai, Korea Utara menggenapkan skor kemenangan menjadi 0-4 via gol Ri Jo Guk.

Kemenangan yang didapat oleh Korea Utara semakin membuat panas persaingan di Grup K karena di laga terakhir nanti mereka akan berhadapan dengan Indonesia.

Persaingan untuk memperebutkan satu dari empat posisi runner-up terbaik juga semakin panas. Untuk menjaga peluang, minimal Korea Utara tidak boleh kalah.

Sementara itu bagi Timor Leste, kans mereka lolos sudah tertutup. Sedankan bagi Hong Kong, mereka butuh keajaiban di laga terakhir nanti jika ingin lolos.

Lau Ka Kiu dan kawan-kawan harus bisa mengalahkan Timor Leste dengan skor besar. Kemudian mereka juga mesti berharap Indonesia menghajar Korea Utara di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Tak hanya itu, Hong Kong pun masih harus melihat situasi di grup lain guna memperebutkan satu tiket lolos dari posisi runner-up terbaik.

Berikut klasemen Grup K Kualifikasi Piala Asia U19:

No. Tim Main Menang Seri Kalah Selisih Gol Poin
1 Indonesia 2 2 0 0 7 - 1 6
2 Korea Utara 2 1 1 0 5 - 1 4
3 Hong Kong 2 0 1 1 1 - 5 1
4 Timor Leste 2 0 0 2 1 - 7 0

Baca juga artikel terkait TIMNAS U19 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight