Klasemen AFC Cup 2022 Terbaru & Sistem Runner-up Terbaik Zona ASEAN

Kontributor: Wan Faizal - 28 Jun 2022 14:15 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Daftar klasemen AFC Cup 2022 terbaru dan sistem runner-up terbaik zona ASEAN.
tirto.id - Klasemen AFC Cup 2022 terbaru memberi kabar bagus dan buruk bagi wakil Indonesia. Ketika PSM Makassar berpeluang lolos sebagai juara grup, Bali United kini juga harus berharap banyak lolos sebagai runner-up terbaik.

Bali United dan PSM meraih hasil berbeda ketika bermain di matchday 2 fase grup, Senin 27 Juni 2022. Bermain di kandang sendiri, Bali United kalah 5-2 dari Visakha FC, klub asal Kamboja.

Padahal, Bali sempat unggul terlebih dahulu melalui aksi Irfan Jaya di menit 8. Tapi apa daya, gawang Nadeo Argawinata harus kebobolan 4 gol secara beruntun melalui Paulo Victor di menit 17 dan 63, tendangan bebas Ouk Sovann menit 45, dan Lee Jae Gun di menit 55.

Bali sempat mencetak gol balasan melalui Privat Mbarga di menit 85. Sayangnya, 2 menit kemudian, Ouk Sovann mencetak gol kedua sekaligus mengakhiri laga dengan skor 5-2.

Di pertandingan lain, PSM sukses menekuk Tampines Rovers 1-3. Dalam laga tersebut, PSM sempat kebobolan melalui gol Zehrudin Mehmedovic di menit 29. Tak lama setelahnya, Tampines harus bermain dengan 10 orang menyusul kartu merah yang diterima Christopher van Huizen.

PSM baru bisa memanfaatkan keunggulan jumlah pemain di babak kedua. Yakni melalui gol Rizky Eka Pratama menit 48 dan brace Everton Nascimento menit 79 dan 94.


Klasemen Zona ASEAN

Kedua hasil tersebut membuat persaingan akan semakin menarik. Di Grup G, Bali United harus turun ke peringkat 2 usai dihajar oleh Visakha. Harus diakui, kans Bali United untuk lolos kini semakin berat.

Visakha kini memuncaki grup dan bahkan berpeluang menjadi juara grup. Bagi Bali United, kans untuk lolos kini mengarah melalui jalur runner-up terbaik.

Sebagai informasi, AFC Cup 2022 zona ASEAN terdiri dari 3 grup. Hanya juara grup saja yang dipastikan lolos ke semifinal zona ASEAN. Sisa satu tim lagi akan diambil dari runner-up terbaik dari ketiga grup tersebut.

Sialnya, di klasemen mini khusus para runner-up, peluang Bali juga tidak mudah. Mereka berada di peringkat kedua dengan 3 poin. Untuk sementara, jatah posisi runner-up terbaik ditempati Hougang United dari Grup I dengan 6 poin.

Artinya, di laga terakhir nanti, Bali United wajib berharap Hougang kalah dari Viettel. Sedangkan Bali wajib menang ketika berjumpa dengan Kaya Iloilo. Tak hanya menang, Bali juga wajib menang besar atas Kaya Iloilo.

Hal ini karena di klasemen mini khusus para runner-up, selisih gol yang akan menjadi tiebreaker pertama ketika ada 2 tim dengan jumlah poin yang sama. Saat ini Hougang memiliki selisih gol 4-3 atau +1. Sedangkan Bali United punya catatan gol 4-5 atau -1.

"Situasinya tentu sangat sulit karena kami mengalami kekalahan telak. Kita lihat saja apa yang akan terjadi di pertandingan terakhir nanti. Kami akan bekerja keras dan bermain sebaik mungkin untuk menjaga peluang lolos serta menghibur suporter," kata Teco selaku pelatih Tim Serdadu Tridatu.

Di sisi lain, kans PSM untuk lolos cukup besar. Lantaran Grup H hanya berisi 3 tim dan PSM telah bermain 2 kali, mereka kini hanya tinggal menunggu bagaimana hasil laga terakhir antara Tampines Rovers melawan Kuala Lumpur City.

Berbekal 4 poin, PSM kini memuncaki klasemen. Willem Jan Pluim dan kawan-kawan unggul dari Kuala Lumpur City yang baru meraih 1 poin dan Tampines Rovers yang belum memiliki poin.

PSM berpeluang lolos sebagai juara grup dengan catatan laga terakhir antara Kuala Lumpur City vs Tampines berakhir imbang, Atau, Tampines bisa mengalahkan wakil Malaysia tersebut sehingga tak menyulitkan PSM.

"Saya sangat senang dengan pemain karena mereka mau bertarung di lapangan. Kami bisa menciptakan banyak peluang. Seperti inilah tim kami dan saya yakin kami bisa melakukannya," ucap pelatih PSM, Bernardo Tavares.


Klasemen AFC Cup 2022 Zona ASEAN

GRUP G

Tim M W D L GD Pts
Visakha 2 2 0 0 7-3 6
Bali United 2 1 0 1 4-5 3
Kedah Darul Aman 2 1 0 1 4-3 3
Kaya Iloilo 2 0 0 2 2-6 0


GRUP H

Tim M W D L GD Pts
PSM Makassar 2 1 1 0 3-1 4
Kuala Lumpur City 1 0 1 0 0-0 1
Tampines Rovers 1 0 0 1 1-3 0

GRUP I

Tim M W D L GD Pts
Viettel 2 2 0 0 6-1 6
Hougang United 2 2 0 0 7-4 6
Phnom Penh Crown 2 0 0 2 3-5 0
Young Elephants 2 0 0 2 2-8 0

RUNNER-UP


Tim M W D L GD Pts
Hougang United 2 2 0 0 7-4 6
Bali United 2 1 0 1 4-5 3
Kuala Lumpur City 1 0 1 0 0-0 1


Baca juga artikel terkait RUNNER UP AFC CUP 2022 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight