Klarifikasi BPN Prabowo Soal Titiek Soeharto Ingin Balik ke Orba

Oleh: Haris Prabowo - 19 November 2018
Ahmad Muzani mengklaim pernyataan Titiek Soeharto hanya bermaksud ingin mengembalikan swasembada pangan Indonesia seperti di masa Orde Baru.
tirto.id - Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Ahmad Muzani memberi penjelasan untuk menanggapi pernyataan kontroversial Titiek Soeharto yang mengaku ingin Indonesia kembali seperti saat masa Orde Baru (Orba).

Muzani mengklaim maksud dari pernyataan Titiek itu hanya ingin mengembalikan era swasembada pangan saja di Indonesia. Dia mengatakan keinginan itu muncul karena pemerintah saat ini dinilai masih mengedepankan impor daripada kedaulatan pangan.

"Pak Harto waktu memimpin negara itu sempat mencapai swasembada pangan. Yang hendak dilakukan oleh Pak Prabowo jika rakyat memilih beliau sebagai presiden, [ialah] mengembalikan semangat kita memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pangan sendiri, baik pangan dalam arti konvensional, seperti padi atau pun lainnya," kata Muzani di rumah Prabowo, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, pada Senin sore (19/11/2018).

Muzani mengklaim pencapaian Orde Baru dalam swasembada pangan belum bisa disaingi oleh pemerintahan saat ini. Dia menuding pemerintah saat ini masih memiliki ketergantungan tinggi pada impor pangan sehingga orientasi kebijakan ekonominya perlu diubah.

"Bagaimana orientasinya kepada peningkatan produksi dalam negeri di bidang pangan, sehingga ketergantungan kita kepada impor yang bisa menguras devisa dan akan mengganggu neraca pembayaran itu bisa teratasi, kira-kira itu semangatnya," ujar Muzani.

"Jadi bukan kembali ke zaman Orde Baru," Muzani menambahkan.

Pernyataan Titiek Soeharto yang menginginkan Indonesia kembali seperti di masa Orde Baru muncul dalam twit di akun twitternya pada Rabu pekan kemarin (14/11/2018).

“Sudah cukup. Sudah saatnya Indonesia kembali seperti waktu era kepemimpinan Bapak Soeharto yang sukses dengan swasembada pangan, mendapatkan penghargaan internasional dan dikenal dunia,” tulis putri penguasa Orde Baru Soeharto itu melalui akun Twitternya.


Baca juga artikel terkait SWASEMBADA PANGAN atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Addi M Idhom