Klaim Didukung DPC Solo, Achmad Purnomo Yakin Diusung PDIP

Oleh: Mohammad Bernie - 10 Februari 2020
Purnomo selaku petahana mengklaim didukung Dewan Pimpinan Cabang (DPC) sampai pengurus ranting di Solo.
tirto.id - Bakal Calon Wali Kota Solo Achmad Purnomo yakin akan diusung oleh DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam Pilkada 2020. Purnomo selaku petahana mengklaim didukung Dewan Pimpinan Cabang (DPC) sampai pengurus ranting di Solo.

Hal itu disampaikan Purnomo usai uji kelayakan dan kepatutan (fit and propers test) calon Wali Kota Solo di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020).

"Baik anak ranting, anak cabang dan cabang, bulat memberikan dukungan kepada saya secara bulat itu. Saya optimis dan yakin, saya kader dan diberikan tugas itu, saya yakin dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya," kata Purnomo.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyatakan dukungan dari DPC tak otomatis membuat seorang bakal calon langsung diusung. Menurut Puan, mekanisme pemilihan calon kepala daerah dilakukan berjenjang dari DPC hingga keputusan akhir ada di DPP dan diumumkan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Untuk Pemilihan Wali Kota Solo, Puan mengatakan seluruh kader telah sepakat untuk ikut pada rekomendasi yang dikeluarkan DPP PDIP dan Megawati.

"Seluruh kader Kota Solo sudah bersepakat bahwa apapun rekomendasi yang dikeluarkan oleh DPP partai atau ketua umum partai adalah suatu hal yang wajib dilaksanakan dalam memenangkan pilkada yg akan datang," kata Puan di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat pada Senin (10/2/2020).


Baca juga artikel terkait PILWALKOT SOLO 2020 atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Politik)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight