KKP Akan Verifikasi 111 Pulau Terluar Indonesia

Oleh: Mutaya Saroh - 3 Februari 2017
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan melakukan verifikasi, pendataan hingga sertifikasi terhadap 111 pulau terluar yang ada di Indonesia.
tirto.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan melakukan verifikasi, pendataan hingga sertifikasi terhadap 111 pulau terluar yang ada di Indonesia. Program ini merupakan program prioritas KKP pada tahun 2017. Verifikasi terhadap pulau-pulau terluar tersebut dilakukan sebagai upaya agar tidak ada satu pun pulau di Indonesia yang diambil alih oleh asing.

"Ada sejumlah tugas prioritas kita yang di tahun ini, seperti kita akan verifikasi, registrasi 111 pulau paling depan. Kalau pulau-pulau terdepan itu ada yang memiliki maka akan kita tata," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat memberikan Kuliah Umum di Aula Barat Institut Teknologi Bandung, Jumat, (3/2/2017) seperti dikutip dari Antara.

Menteri Susi menuturkan saat ini pihaknya memulai beberapa pembinaan dan tema-tema dari pembinaan tersebut dipastikan sesuai visi dan misi pemerintah.

"Coba bayangkan, begitu banyak dan kaya-nya Indonesia dan itu semua harus kita jaga bersama-sama," ujarnya kepada para mahasiswa dalam kuliah umumnya dengan tema "Prioritas Pembangunan Kelautan dan Perikanan Indonesia."

Dalam kuliah umum itu ia menegaskan kekayaan laut Indonesia harus menjadi sumber yang sepenuhnya dapat dikelola sepenuhnya oleh orang Indonesia.

"Presiden Jokowi ingin laut jadi masa depan bangsa Indonesia dan Pak Presiden ingin Indonesia jadi poros maritim dunia. Dua hal ini mudah untuk diucapkan tapi berat untuk dilaksanakan," ujar dia.

Menteri Susi mengatakan meskipun dianugerahi dengan sumber daya laut yang melimpah namun berdasarkan sensus tahun 2003-2013 dinyatakan satu dari tiga anak Indonesia mengalami stunting atau perawakan pendek karena kekurangan nutrisi salah satunya protein hewani.

"Ini semua harus kita perbaiki bahwa protein untuk anak bangsa harus diperhatikan, karena generasi selanjutnya yang akan menentukan nasibnya. Kita persiapkan mereka untuk punya stamina, kapasitas untuk berkompetisi," kata dia.

Baca juga artikel terkait PULAU TERLUAR atau tulisan menarik lainnya Mutaya Saroh
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh