Menuju konten utama

Kim Kardashian Si Magnet Pariwisata

Kim Kardashian adalah magnet bagi publik. Ke manapun ia melancong, angka kunjungan wisatawan di tempat itu akan meningkat. Tentu saja. Sekali Kim mengunggah fotonya di suatu tempat, jutaan orang akan langsung melihatnya.

Kim Kardashian Si Magnet Pariwisata
Kim Kardashian. [Foto/Shutterstock]

tirto.id - Nama Kim Kardashian tentunya tak asing bagi mereka yang kerap berselancar di dunia maya. Perempuan seksi yang juga istri penyanyi rap Kanye West ini terkenal dengan berbagai sensasinya, mulai dari pernyataan-pernyataannya yang kontroversial sampai kegemarannya memamerkan keindahan tubuh di berbagai akun media sosial.

Ia juga bisa disebut selebgram karena akun Instagram-nya memiliki lebih dari 83 juta pengikut. Itulah mengapa segala aktivitas Kim yang diunggah ke Instagram kerap dibicarakan dan menjadi sorotan publik.

Selain memamerkan foto-foto narsisistik, Kim juga sering memamerkan kemesraannya dengan Kanye West, juga gambar-gambar kedua anaknya. Apa pun yang mereka lakukan, keluarga West—juga keluarga besar Kardashian—selalu menjadi bahan perbincangan publik. Termasuk ketika mereka melancong untuk berwisata.

Tentu saja. Kim cukup menggunggah satu atau dua foto saat dia melancong di suatu tempat. Tak perlu menunggu waktu lama, jutaan pengikutnya akan melihat tempat wisata dalam foto itu. Dalam hitungan menit, ribuan like dan komentar mulai mengalir di akun Instagramnya. Hanya dengan tindakan sesederhana itu, masyarakat dunia mengetahui objek wisata tersebut. Termasuk jika nama tempat itu asing bagi sebagian orang

Ini terjadi saat Kim berlibur di Islandia, April lalu. Ia mengunggah keindahan alam dan air terjun di negara yang sangat mengandalkan alamnya yang indah tersebut. Respons yang didapat? Ada hampir 1 juta memberi like dan lebih dari 9 ribu komentar memenuhi foto itu.

Hotel terpencil di Islandia, tepatnya di Eyjafjallajökull pun tak luput dari sorotan. Eyjafjallajökull merupakan area gletser di Islandia dan menjadi salah satu tempat yang dikunjungi Kim sekeluarga.

Kunjungan wisatawan tadinya menurun hingga 18 persen sontak meningkat tajam karena kedatangan Kim. Berdasarkan data badan statistik Islandia, pada Mei 2016, kunjungan wisatawan mancanegara ke Islandia bertumbuh sebesar 31 persen. Pada Juli, pertumbuhannya malah sampai 90 persen.

“Saat ini, pariwisata adalah salah satu sektor yang paling menjanjikan di Islandia,” tulis Bloomberg.

Kunjungan wisatawan asal Amerika Serikat juga meningkat tajam. Pertumbuhan wisatawan asal AS yang berkunjung ke Islandia pada Mei dan Juni 2016 mengalami pertumbuhan sebesar 61,3 persen dan 70,5 persen, meskipun pada Agustus kembali turun hingga 6 persen.

Pada April 2015, Kim Kardashian dan keluarganya juga mengunjungi Armenia. Negara leluhur Kim ini juga mengalami peningkatan kunjungan wisatawan. Armenia cukup nebeng di unggahan foto Instagram Kim untuk menarik wisatawan. Pasalnya, seperti ditulis The New York Times, Armenia sendiri tak memiliki akun Instagram untuk mempromosikan objek wisatanya.

Berdasarkan data badan statistik Armenia, pada kuartal I 2015, kunjungan wisatawan turun hingga 12 persen. Namun pada kuartal II dan kuartal III 2015, angkanya meningkat sebesar 10,46 persen dan 73,62 persen. Jumlah wisatawan kembali turun menyentuh 42 persen pada kuartal ke-4.

Saat Kim dan suaminya ke Thailand dua tahun lalu, hal semacam ini juga terjadi. Data badan statistik Thailand menunjukkan pada 2014-2015 kunjungan wisatawan mancanegara ke Thailand mengalami peningkatan sebesar 20 persen, padahal tahun sebelumnya Thailand mengalami penurunan kunjungan wisatawan sebesar 6 persen.

Pulau Emerald di Irlandia, yang dikunjungi Kim dan Kanye untuk berbulan madu 2014 lalu, juga menangguk berkah. Irish Central menulis kunjungan itu membantu peningkatan kunjungan wisatawan ke Irlandia. Badan statistiknya mencatat pada 2014 kunjungan wisatawan Iralandia naik 8,9 persen. Peningkatan sebesar 13,66 persen juga terjadi pada 2015.

Dari tren ini bisa dilihat bahwa Kim Kardashian menjadi magnet bagi pariwisata. Ia memperkenalkan tujuan-tujuan wisata yang mungkin tak semua orang mengetahuinya. Faktor pendukungnya adalah kekuatan media sosial. Bukan hanya Instagram, tapi bisa juga Facebook yang menurut Statista jumlah penggunanya mencapai 1,6 miliar. Ada juga Twitter yang penggunanya mencapai 310 juta.

Unggahan di akun media sosial pariwisata Thailand yang hanya memiliki 27 ribu pengikut di Twitter dan 61 ribu pengikut di Instagram tentu akan kalah telak oleh postingan yang diunggah pesohor dengan jutaan pengikut. Atau Twitter pariwisata Islandia yang hanya diikuti oleh 862 pengikut dan 50 ribu pengikut di Instagram.

Hal semacam ini juga terjadi di Indonesia. Tengok saja Gereja Ayam yang terletak Magelang. Banyak orang belum tahu tempat itu sampai mereka menonton Ada Apa Dengan Cinta 2. Tak hanya dibicarakan, Gereja Ayam pun melejit sebagai objek wisata kekinian.

Tindak-tanduk selebritas memang mendatangkan keingintahuan khalayak. Ini dibantu dengan adanya media sosial yang dikendalikan langsung oleh tangan si pesohor. Apapun yang diunggahnya juga langsung diterima para penggemarnya, bahkan dibicarakan dan dibahas media-media. Apalagi jika yang mengunggah foto adalah seorang Kim Kardashian.

Baca juga artikel terkait GAYA HIDUP atau tulisan lainnya dari Yantina Debora

tirto.id - Gaya hidup
Reporter: Yantina Debora
Penulis: Yantina Debora
Editor: Maulida Sri Handayani