Kim Jong-un Tiba di Singapura Jelang Pertemuan Perdana dengan Trump

Oleh: Yuliana Ratnasari - 10 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kedatangan Kim Jong-un untuk bertemu dengan Presiden AS Donald Trump pada Selasa 12 Juni mendatang di Sentosa, Singapura.
tirto.id - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah tiba di Singapura pada Minggu (10/6/2018) sore menggunakan sebuah pesawat Air China yang mendarat di Bandara Changi. Ia kemudian disambut oleh Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan.

Kedatangan Kim untuk bertemu dengan Presiden AS Donald Trump pada Selasa 12 Juni mendatang di Sentosa. Pertemuan bersejarah ini akan membicarakan denuklirisasi Korea Utara dengan imbalan bantuan ekonomi.

Seperti diwartakan
The Straits Times, segera setelah Air China Boeing 747 mendarat pada sekitar 02.35 sore, sebuah iring-iringan mobil dan pengawalan polisi lokal meninggalkan kompleks VIP Bandara Changi.

Iringan ini bernagkat Airport Boulevard menuju Expressway Pan-Island, yang telah ditutup untuk lalu lintas lainnya. Kim diyakini berada di salah satu dari dua sedan Mercedes Benz yang memiliki pelat bertanda dan dengan bendera Korea Utara.

Konvoi kemudian menuju St Regis Hotel di daerah Orchard di mana Kim Jong-un, Ketua Komisi Urusan Dalam Negeri, dan delegasinya akan berdiam selama di Singapura. Sekitar pukul 03.40 sore, iring-iringan mobil tiba di St Regis.

Sementara itu, rombongan Trump rencanya akan tinggal di Shangri-La. Keduanya di daerah Tanglin di dalam pusat kota Singapura.

Baik Sentosa dan wilayah Tanglin telah ditetapkan sebagai area acara khusus oleh polisi dan keamanan telah diperketat di kedua tempat tersebut, demikian dikutip Channel News Asia.


Sejak bermusuhan pada Perang Korea 1950-1953, pemimpin dari kedua negara tidak pernah bertemu atau bahkan berbincang melalui telepon.


Pertemuan perdana dimana pertama kalinya seorang presiden AS yang duduk bertemu dengan pemimpin Korea Utara ini bahkan hampir dibatalkan hanya dua minggu sebelum acara.

Korea Utara sempat tidak terima terhadap pernyataan sejumlah pejabat tinggi AS yang mengindikasikan bahwa nasib rezim Pyongyang bisa berakhir sama dengan Muammar Gaddafi di Libya.

Sementara itu menurut jadwal, delegasi dari AS, yang masih dalam perjalanan setelah menghadiri pertemuan G7 di Kanada, akan tiba pada Minggu malam.


Trump dijadwalkan akan tiba di pangkalan udara Paya Lebar Singapura pada pukul 08.35 waktu setempat dan langsung menuju hotel Shangri-La. Ia juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada keesokan harinya.

Sejumlah pejabat yang turut dalam rombongan Trump di antaranya adalah Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Penasihat Keamanan Nasional John Bolton, dan Kepala Staf Gedung Putih John Kelly, serta juru bicara presiden Sarah Sanders.




Baca juga artikel terkait TRUMP-KIM JONG UN atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Politik)


Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari