Kim Jong-un Kunjungi Fasilitas Industri di Beijing

Oleh: Yantina Debora - 9 Januari 2019
Kim Jong-un kunjungi pabrik farmasi di Beijing
tirto.id - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi fasilitas industri di Beijing Cina pada Rabu (9/1/2018). Kunjungan itu merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Kim di Cina.

Kunjungan Kim ke Cina ini dilakukan jelang pertemuan puncak kedua dengan presiden AS Donald Trump.

Mengutip dari Yonhap, Kim mengunjungi pabrik farmasi yang berlokasi di zoba pengembangan ekonomi-teknologi di Beijing. Kim dilaporkan mengunjungi pabrik itu sekitar 20-30 menit.

Pabrik farmasi itu dioperasikan oleh perusahaan Tong Ren Tang yang selama 300 tahun ini dikenal sebagai salah satu produsen obat-obatan terbesar di Cina.


Kim berkunjung ke Cina atas undangan presiden Cina Xi Jinping guna membahas soal sanksi nuklir yang dijatuhkan PBB terhadap Pyongyang.

Kunjungan ini bukanlah yang pertama melainkan kunjungan ke empat Kim ke Cina. Kim Jong-un melakukan kunjungan tak resmi ke Cina pada 25-28 Maret 2018.

Kim bertemu dengan Presiden Xi Jinping dan mereka melakukan "perundingan yang sukses", sebut kantor berita Xinhua. Ini merupakan kunjungan pertama Kim ke luar negeri sejak berkuasa pada 2011.

Kantor Berita Pusat Korea Utara sebagaimana dilansir AP News memberitakan Kim berangkat ke Cina bersama istrinya Ri Sol-ju dan pejabat tinggi Korut lainnya.

Kim diperkirakan akan tinggal di Diaoyutai State Guest House dengan pengawasan yang ketat dari pihak keamanan. Sedangkan pertemuannya diadakan di Great Hall of the People yang terletak di sebelah Lapangan Tiananmen.


Baca juga artikel terkait KUNJUNGAN KENEGARAAN atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora