Kualifikasi Euro 2020

Kieran Trippier dan Panasnya Persaingan Bek Kanan Timnas Inggris

Oleh: Permadi Suntama - 20 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Full back kanan Tottenham Hotspur, Kieran Trippier, masuk ke dalam skuat tim nasional (Timnas) Inggris di kualifikasi Euro 2020, mengalahkan bek muda Crystal Palace, Aaron Wan-Bissaka.
tirto.id - Full back kanan Tottenham Hotspur, Kieran Trippier, masuk ke dalam skuat tim nasional (Timnas) Inggris di kualifikasi Euro 2020. Ia dipilih pelatih The Three Lions, Gareth Southgate daripada bek muda Crystal Palace, Aaron Wan-Bissaka. Padahal, performa Trippier kurang mengesankan musim ini.

Berdasarkan statistik Whoscored, musim ini Kieran Trippier bermain 23 kali di Liga Inggris dengan nilai 7,09. Dia kalah jauh dibandingkan dengan Wan-Bissaka yang turun 27 kali untuk Palace di Premier League dengan nilai 7,25. Trippier juga ada di bawah Trent Alexander-Arnold (Liverpool) dengan nilai 7,22, meski di atas Kyle Walker (Manchester City) yang meraih 6,94 dari 25 laga.

Keberadaan Trippier, Alexander-Arnold, dan Walker di timnas Inggris senior, memupus harapan bek muda Wan-Bissaka. Kini sang pemain muda mesti mengikuti pemusatan latihan bersama timnas Inggris U-21.

Di satu sisi, Trippier mengakui bahwa dirinya tampil kurang bagus di Liga Inggris. Namun, ia juga menegaskan, siap berusaha keras untuk membuat Southgate terkesan, sehingga bisa berlaga untuk The Three Lions.

"Saya [seharusnya] bisa melakukan jauh lebih baik musim ini. Saya mengalami banyak cedera dan saya akui ada [beberapa] pertandingan ketika saya melihat kembali] dan berpikir, [seharusnya] saya bisa melakukan ini atau itu dengan lebih baik," kata sang bek kanan dikutip Guardian.

“Tapi saya [berada] di sini sekarang, dan saya perlu [membuat terkesan pelatih] untuk mencoba dan memulai untuk [bermain bagus] di timnas Inggris dan melakukan yang terbaik yang saya bisa antara sekarang sampai akhir musim," tambahnya.



Dalam laga melawan Republik Ceko, Gareth Southgate, kemungkinan besar akan menduetkan Harry Maguire dan Michael Keane di jantung pertahanan, karena John Stones mengalami cedera. Sementara itu, di posisi full back kanan, tidak ada jaminan untuk Tripper. Ia mesti bersaing dengan Trent Alexander-Arnold dan Kyle Walker di kanan.

“Ada banyak kompetisi [di posisi bek kanan timnas Inggris], saya, Trent [Alexander-Arnold], Kyle [Walker], dan ini membuat Wan-Bissaka [yang] bermain sangat baik untuk Palace [tidak dipanggil]," ungkap sang pemain Tottenham.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Permadi Suntama