Khofifah Temui Ridwan Kamil di Bandung, Bantah Bahas Pilpres 2024

Reporter: - 20 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Ridwan Kamil membantah pertemuannya dengan Khofifah tak membahas kemungkinan berpasangan di Pilpres 2024.
tirto.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil menerima tamu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. Ridwan Kamil memastikan pertemuan itu hanyalah silaturahmi sesama kepala daerah dan tak terkait dengan perpolitikan.

"Tidak direncanakan, jadi politik mah tafsir. Kita jauhan ditafsir, kita dekatkan ditafsir, tidak bersapa ditaksir, akrab ditafsir. Kita mah niatnya bukan itu, niatnya urusan kemaslahatan keumatan," kata Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Selasa (20/4/2021) dilansir dari Antara.

Ridwan Kamil menegaskan pertemuannya dengan Khofifah sama sekali tak membahas kemungkinan berpasangan di Pilpres 2024.

Khofifah bertemu dengan Ridwan Kamil seusai mengisi studium generale di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang kemudian bertemu dengan elemen muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Bandung.

Ridwan Kamil memfasilitasi agenda tersebut di Gedung Sate, Kota Bandung pada Senin (19/4) malam.

"Kita ingin bersilaturahim dengan warga Jabar, terutama yang elemen muslimat NU, dan terima kasih kami diberi kesempatan di Gedung Sate ini,” ujar Khofifah.

Meski membantah, Khofifah dan Ridwan Kamil tidak mempermasalahkan adanya tafsiran yang berhubungan dengan kontestasi politik.

“Ini adalah bagian dari silaturahim. Jadi nggak ada pertemuan yang tiba-tiba. pasti ini atas izin Allah kami bisa bersilaturahim pada malam hari ini,” tutur Khofifah.

Dalam pertemuan tersebut, Khofifah juga meminta Ridwan Kamil mengarsiteki pembangunan masjid di Islamic Center Surabaya. Menurut Khofifah masjid yang selama ini berdiri dianggap kurang memadai sehingga perlu revitalisasi Islamic Center.

Khofifah mengatakan bahwa pembangunan masjid dengan arsitektur yang baik diharapkan bisa menjadikan referensi kegiatan umat Islam lebih representatif.

Eks Menteri Sosial itu juga menyampaikan agar mendapat dukungan bagaimana arsitektur yang sudah pernah dilakukan oleh Ridwan Kamil di sejumlah masjid di Tanah Air.

"Saya pernah ke Padang, dan saya menikmati sekali bagaimana masjid Jami di Padang dan masjid di Makassar saya juga menikmati beberapa kali. Kami tentu berharap ada sentuhan dari skill beliau untuk arsitektur masjid di Islamic Center Surabaya. Mudah-mudahan ini dapat disegerakan dari kesibukan beliau," harap Khofifah.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2024 atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Editor: Bayu Septianto
DarkLight