Keunggulan Kamera Huawei P30 Pro yang Raih Skor Tertinggi DxOMark

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 27 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Huawei P30 Pro total mengusung 5 buah kamera, yang terdiri dari 4 di belakang dan 1 di depan.
tirto.id - Huawei P30 Pro, flagship terbaru Huawei yang meluncur di Paris, Perancis, Selasa (26/3/2019), sama seperti seri P terdahulu, masih mengunggulkan kemampuan kameranya. Sektor fotografi di flagship ini tak perlu diragukan, lantaran berhasil meraih skor tertinggi di DxOMark.

Pencapaian tersebut berkat dukungan empat buah kamera yang tersemat di bagian belakang. Secara keseluruhan, Huawei P30 Pro membukukan skor 112, yang terdiri dari 119 untuk foto, 97 untuk video, dan 89 untuk selfie.

"Dibandingkan dengan model sebelumnya seperti P20 Pro dan Mate 20 Pro, peningkatan [Huawei P30 Pro] di fitur bokeh dan zoom, berkat kamera telephoto 5 kali optical zoom dan ToF sensor," pernyataan DxOMark dikutip Rabu (27/3).

Melansir GSM Arena, skor keseluruhan DxOMark yang diraih Huawei P30 Pro mengungguli Mate 20 Pro, P20 Pro, dan Galaxy S10 Plus. Masing-masing perangkat ini memiliki skor 109 poin.


Terkait amunisi fotografi Huawei P30 Pro, kamera utamanya berkekuatan 40MP dengan sensor Sony IMX600 1/1.7 inci yang ditandemkan lensa Leica aperture f/1.6. Kamera utamanya juga menawarkan ISO maksimal lebih tinggi dari Mate 20 Pro, serta diperkuat fitur PDAF dan OIS.

Hal yang istimewa dari sensor Sony IMX600 adalah empat buah color filter RYYB (Red-Yellow-Yellow-Blue). Huawei menghilangkan color filter Green dan menggantinya dengan dua buah color filter Yellow guna meningkatkan kemampuan kamera dalam kondisi low-light.

Untuk kamera kedua, P30 Pro mengusung resolusi 20MP yang menggunakan sensor 1/2.7 inci dan diperkuat lensa Leica ultra-wide 27mm dengan aperture f/2.2. Kamera kedua ini didukung fitur PDAF dan mampu menghasilkan foto dengan field of view (FoV) yang luas.

Sedangkan kamera ketiga yang memiliki resolusi 8MP menggunakan teknologi unik dengan mekanisme sama dengan periskop. Kameranya mampu menghasilkan 5 kali optical zoom. Tak hanya itu, kamera ketiga ini juga didukung fitur PDAF dan OIS.

Terakhir, kamera keempat berfungsi sebagai 3D ToF untuk menghasilkan efek bokeh yang lebih nyata. Sementara untuk kebutuhan selfie, Huawei P30 Pro dibekali kamera depan berkekuatan 32MP yang didukung lensa aperture f/2.2. Sayangnya, Huawei tidak membekalinya dengan fitur autofocus.

Adapun DxOMark merupakan situs web yang memberikan peringkat kualitas gambar untuk kamera mandiri, lensa, dan perangkat seluler tersemat kamera. Situs ini dioperasikan oleh DxOMark Image Labs.

Untuk menghitung skor dalam pengujiannya yang berujung pada peringkat, DxOMark menggunakan 9 indikator, yakni exposure dan contrast, color, autofocus, texture, noise, artifacts, flash, zoom, serta bokeh.


Baca juga artikel terkait HUAWEI P30 PRO atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi