Ketua Umum PSSI Sebut Liga 1 2020 Bakal Digelar Lebih Awal

Oleh: Hendi Abdurahman - 24 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
“Dengan lebih awal jadwal pertandingan, kami harapkan pertandingan Liga 1 Indonesia tahun 2020 akan berjalan lebih baik,” ucap Mochamad Iriawan.
tirto.id - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengatakan bahwa Liga 1 2020 akan dihelat lebih awal, yaitu pada 29 Februari 2019. Dengan digelar lebih cepat, Iwan berharap kualitas kompetisi teratas sepak bola Indonesia tersebut akan lebih baik.

“Dengan lebih awal jadwal pertandingan, kami harapkan pertandingan Liga 1 Indonesia tahun 2020 akan berjalan lebih baik,” ucapnya seperti dikutip Antara, Jumat (24/1).

Kendati demikian, Iwan berujar bahwa semua mekanisme Liga 1 2020 akan dimatangkan saat Kongres PSSI pada Sabtu (25/1) besok di Kuta, Bali. Pasalnya, untuk musim ini, bakal hadir dua tim dengan jarak terjauh yang melibatkan Persiraja sebagai tim promosi dan Persipura.

“Nanti kita akan bahas dalam Kongres PSSI. Apakah untuk tahun ini juga seperti itu. Pada kompetisi tahun ini ada penambahan klub baru, yakni Persiraja Banda Aceh [ujung barat] dan Persipura Jayapura [ujung timur],” imbuhnya.

Selain pembahasan Liga 1, Iwan juga menjelaskan terkait status Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada 2021 mendatang. Waktu yang relatif singkat membuat persiapan Timnas dinilai mesti mendapat perhatian lebih.

Sejauh ini, enam stadion dipastikan bakal menjadi venue yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Mandala Krida, Stadion Manahan, Stadion Pakansari dan Stadion Kapten I Wayan Dipta.

“Keputusannya nanti saat utusan FIFA datang ke Indonesia sekitar akhir bulan ini, enam stadion itu semuanya sangat memenuhi syarat dan FIFA nanti akan melihat stadion itu mengenai persyaratan yang harus dilengkapi.

“Kami sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021 akan memberikan yang terbaik, tidak saja terhadap stadionnya, tetapi akomodasinya, transportasi dan lainnya,” papar Iwan.

Cucu Somantri Jabat Posisi Direktur PT. LIB

Sementara itu, wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri kini menjabat sebagai Direktur PT. LIB (Liga Indonesia Baru). Keputusan tersebut didapat usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT LIB yang digelar di Kuta, Bali, Kamis (23/1).

Tak hanya itu, posisi Komisaris Utama dipercayakan kepada Sonhadji yang juga merupakan anggota Komite Eksekutif. Sedangkan jajaran Komisaris ditempati Munafri Arifuddin, Ferry Paulus, Hasani Abdulgani, Endri Irawan dan Hakim Putratama.

Adapun posisi Direktur operasional dijabat Sujarwo dan Direktur Keuangan ditempati Anthony Chandra Kartawiria. Sosok lainnya, Rudy Kangdra menempati posisi Direktur Bisnis.

“Kita baru saja menyelesaikan RUPS dan salah satu agendanya untuk penunjukan dan perubahan direksi. Kita mendapat amanah dari hasil RUPS sebagai jajaran Komisaris dan direksi dari PT Liga,” kata Cucu Somantri.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2020 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight