Ketua KPK Firli Masih Hadiri Acara Kenaikan Pangkat di Mabes Polri

Oleh: Adi Briantika - 26 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Firli memang masih aktif di institusi kepolisian dengan pangkat komisaris jenderal, padahal ia sudah resmi dilantik sebagai Ketua KPK.
tirto.id - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri terlihat hadir dalam acara upacara kenaikan pangkat perwira tinggi Polri di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (26/12/2019). Firli memang masih aktif di institusi kepolisian dengan pangkat komisaris jenderal, padahal ia sudah resmi dilantik sebagai Ketua KPK.

Firli Bahuri saat ini memangku jabatan sebagai Analis Kebijakan Utama Badan Pemelihara Keamanan Polri. Ia digeser ke jabatan tersebut setelah tidak lagi menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri. Pasal 29 UU Nomor 19 Tahun 2019 Tentang KPK menyebut bahwa pimpinan KPK harus melepaskan semua jabatan selama menjabat sebagai pimpinan KPK.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan Firli Bahuri tidak perlu mundur dari institusi Polri meski sudah tak lagi berdinas di Korps Bhayangkara.

"Enggaklah. Itu semua kan ada aturannya. [Firli] masih polisi," kata Argo di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (26/12/2019) seperti dikutip dari Antara.

Firli hadir dalam acara kenaikan pangkat mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono yang kini berpangkat komisaris jenderal (Komjen) dan menjabat sebagai Wakapolri. Ia diangkat sebagai orang nomor dua di Polri menggantikan Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, berdasar Surat Telegram Nomor ST/3330/XII/KEP/2019 bertanggal 20 Desember 2019.

Kapolri Jenderal Idham Azis yang memimpin acara juga menaikkan pangkat Irjen Listyo Sigit Prabowo menjadi komjen lantaran kini menjabat sebagai Kabareskrim Polri. Sementara posisi Kabaharkam Polri akan diemban oleh Irjen Pol Agus Andrianto. Agus pun resmi menyandang gelar jenderal bintang tiga dengan pangkat Komjen. Rotasi keduanya tercantum dalam Surat Telegram Nomor ST/3229/XII/KEP/2019 bertanggal 6 Desember 2019.

Selain itu ada sembilan Perwira Tinggi Polri bintang satu menjadi bintang dua. Salah satunya ialah Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak dimutasi sebagai Asops Kapolri, ia mantan Kapolda Papua Barat.

"Ada tiga momentum dalam kenaikan pangkat. [Yaitu] mensyukuri nikmat Tuhan, berterima kasih kepada institusi yang membesarkan, berterima kasih kepada keluarga," ucap Idham Azis.


Baca juga artikel terkait KETUA KPK atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Bayu Septianto
DarkLight