Ketua Forum Rektor RI 2020 Sampaikan 4 Skenario Perguruan Tinggi

Oleh: Ahmad Efendi - 5 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ketua Forum Rektor Indonesia 2020 Arif Satria menyampaikan empat skenario perguruan tinggi di masa depan.
tirto.id - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University Prof. Arif Satria resmi menjadi Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) 2020. Upacara pengukuhannya sendiri dilakukan dalam konferensi yang digelar secara virtual pada Sabtu (4/7/2020).

Dalam acara bertajuk “Konferensi Forum Rektor Indonesia 2020” tersebut, Arif menyampaikan gagasan mengenai “Inovasi 4.0 dan Techno-socio Entrepreunial University untuk Indonesia Maju”.

Dalam materinya, ia memaparkan empat skenario bagi perguruan tinggi di masa depan. Pertama, menurutnya, hal yang menentukan universitas masa depan adalah dengan fokus skill lulusan.

The ‘future skill university’ emphasize graduate’s skill development,” kata dia dalam keterangan tertulisnya yang diterima Tirto, Minggu (5/7/2020).

Kedua, perguruan tinggi masa depan harus memiliki jejaring universitas dengan institusi lintas bidang. Sementara yang ketiga adalah skenario pembelajaran lebih tinggi berkelanjutan yang menghasilkan pembelajar tangguh.

Terakhir, yakni skenario universitas mandiri yang dapat menentukan kurikulumnya sendiri.

Selain itu, ia menambahkan bahwa inovasi juga harus dikembangkan dengan mengacu pada skill yang dibutuhkan di masa depan.

Skill yang diperlukan bagi industri di masa depan yaitu leadership, partnership dan kolaborasi, inovatif dan kreatif,” paparnya.

Selain Arif Satria, seminar daring dalam Konferensi FRI 2020 ini juga dihadiri narasumber lain, seperti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, yang menyampaikan materi “Pembangunan SDM Menyongsong Tatanan Kehidupan Baru”.

Kemudian ada pula Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD dengan materi “Penguatan Karakter Bangsa Untuk Indonesia Maju”.

Sementara, Menteri Riset, Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang P. Soemantri Brodjonegoro, yang menyampaikan “Inovasi Nasional untuk Indonesia Maju”.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim juga menjadi narasumber dalam seminar daring tersebut.

Konferensi tersebut ditutup dengan pengukuhan Arif Satria sebagai Ketua FRI 2020, yang tercatat menggantikan Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama pada periode sebelumnya.

Sedangkan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Panut Mulyona terpilih sebagai Ketua FRI 2021.

Selain mengadakan Konferensi FRI 2020, tahun ini IPB University juga ditunjuk sebagai tuan rumah Konvensi Kampus XVI dan Temu Tahunan XXII Forum Rektor Indonesia 2020, yang semuanya dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.


Baca juga artikel terkait KETUA FORUM REKTOR INDONESIA 2020 atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight