Sidang Tahunan MPR 2018

Ketua DPR RI Sempat Salah Sebut Nama Megawati dan Jabatan Cak Imin

Oleh: Maya Saputri - 16 Agustus 2018
"Maaf ibunda, biar lebih afdal saya ulang. Kepada yang terhormat, Presiden Indonesia kelima Ibu Hj Megawati Sukarnoputri," ujar Bamsoet merevisi penyebutan nama Megawati.
tirto.id - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo sempat salah sebut nama dan jabatan sejumlah politikus saat membuka Sidang Tahunan Bersama DPR dan DPD 2018.

Kesalahan pertama dilakukan Bamsoet kala menyapa Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. Ia salah menyebut nama panjang anak Presiden pertama Sukarno itu.

"Yang kami hormati Presiden Indonesia kelima Ibu Hj. Megawati Sukarnoputra," kata Bamsoet, Kamis (16/8/2018).

"Maaf ibunda, biar lebih afdal saya ulang. Kepada yang terhormat, Presiden Indonesia kelima Ibu Hj Megawati Sukarnoputri," ujarnya kemudian.

Politikus Partai Golkar itu kembali salah saat menyapa Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar. Sapaan kepada Muhaimin disampaikan bersamaan dengan ucapan untuk para pimpinan MPR yang hadir yakni Wakil Ketua Ahmad Muzani, Ahmad Basarah, dan EE Mangindaan.

"Yang saya hormati Ketua MPR saudara Muhaimin Iskandar," kata Bamsoet.

"Apa? Oh ini tulisannya ketua. Yang kami hormati Wakil Ketua MPR saudara Muhaimin Iskandar," ujarnya memperbaiki.

Presiden Joko Widodo hadir di Kompleks Parlemen sekitar pukul 09.00 WIB. Menurut rencana, Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan sebanyak tiga kali untuk masing-masing agenda.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan sejumlah menteri Kabinet Kerja pun terlihat hadir. Di antaranya seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Selain itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Tito Karnavian, sampai dengan Presiden Ke-3 RI BJ Habibie dan Presiden Ke-4 Megawati Soekarnoputri juga terlihat hadir.



Baca juga artikel terkait SIDANG TAHUNAN MPR atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Politik)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri